Jawabanmu

2014-03-31T16:26:21+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Proses terbentuknya harga keseimbangan berawal dari interaksi permintaan dan penawaran. Dalam menganalisa interaksinya harus didasari oleh konsep hukum permintaan dan hukum penawaran:Hukum permintaan menjelaskan apabila terjadi penurunan harga , maka jumlah barang yang diminta akan bertambah (ceteris paribus). Dari konsep ini dapat dilihat pada tabel 5 bahwa semakin naiknya harga,  jumlah barang yang diminta  menjadi berkurang.Hukum penawaran menjelaskan apabila terjadi penurunan harga, maka jumlah barang yang ditawarkan akan berkurang (ceteris paribus) . Dari  konsep ini dapat dilihat pada tabel 5 dengan naiknya harga akan diikuti oleh bertambahnya jumlah barang yang ditawarkan.Dengan dasar itu, maka terjadinya harga keseimbangan melalui proses bertemunya dua kekuatan yaitu permintaan dengan kekuatan penawaran pada titik yang sam


Berdasarkan penjual (penawaran), maka dapat dikelompokan menjadi tiga kelompok yaitu;1 Penjual Super marginalyaitu penjual yang dapat menjual barang dan jasa di bawah harga pasar.
2 Penjual marginaladalah penjual yang mampu menjual pada harga keseimbangan atau sesuai dengan harga pasar.
3 Penjual submarginaladalah penjual yang hanya mampu menjual barangnya di atas harga pasar .Beberapa faktor yang menyebabkan pengelompokan penjual adalah:
4 Biaya produksi
5 Intesitas kebutuhan akan uang cash
6 Ada tidaknya fasilitas penjualan
7 Kekuatan atau daya tahan barangPasar membagi golongan pembeli berdasarkan kemampuan daya belinya menjadi tiga golongan yaitu:
8 Pembeli super marginal, yaitu pembeli yang kemampuan daya belinya berada di atas harga pasar atau harga keseimbangan .
9 Pembeli marginaladalah pembeli yang kemampuan daya belinya berada pada harga pasar (harga keseimbangan).
10 Pembeli Submarginalyaitu pembeli dengan daya belinya berada di bawah harga keseimbangan.Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan

semoga membantu :)
10 4 10
Jawaban paling cerdas!
2014-03-31T16:26:21+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Terbentuknya harga keseimbangan melalui proses tawar menawar antara penjual dengan pembeli sehingga tercapai kesepakatan harga. Dalam proses ini, pembeli menurunkan harga, sedangkan penjual menaikkan harga, sehingga bertemu pada titik harga yang menjadi kesepakatan.


Pada harga di atas harga pasar, jumlah barang/jasa yang diminta lebih besar dari jumlah barang/jasa yang ditawarkan = kelebihan penawaran. Sedangkan pada harga di bawah harga pasar, jumlah barang/jasa yang diminta lebih besar dari jumlah barang/jasa yang ditawarkan = kelebihan permintaan.
29 4 29