Jawabanmu

2014-03-31T12:19:04+07:00
Dilsesungguhnya ilmu manajemen dikenal dan digunakan orang, dapat menelusuri ilmu manajemen pada zaman ramainya perdagangan di Sumeria atau ketika dilakukannya pembangunan piramid di Mesir. Para ahli menemukan tulisan kuno yang ditinggalkan bangsa Mesir di tahun 1300 sebelum masehi yang berisi pengakuan betapa pentingnya organisasi dan administrasi dalam negara-negara birokratis di zaman kuno. Leluhur bangsa Cina pun meninggalkan berbagai catatan sejarah yang memuat berbagai saran praktis untuk administrasi negara yang baik dan nasihat untuk memilih pejabat yang jujur, adil, tidak memikirkan diri sendiri, dan mampu bekerja. Bangsa Yunani yang pernah mengalami masa keemasannya, juga telah memiliki dan menjalankan prinsip-prinsip manajemen. Hal ini terbukti dari pengelolaan berbagai pranata sosial dengan baik, kerajaan tidak dapat mengendalikan rakyat dan sumber daya alamnya, Begitu juga dengan kerajaan Romawi yang pernah menghadapi kompleksitas pekerjaan administrasinya, membutuhkan suatu manajemen tingkat tinggi sehingga kerajaan ini menghasilkan suatu teknik manajerial yang mampu  mengendalikan kekaisaran dengan tingkat efisiensi dan efektivitas yang tinggi. Bangsa Indonesia di zaman kerajaan telah mempraktikkan ilmu manajemen dalam mengatur pemerintahan dan simbol-simbol kerajaan dan agama. Pembangunan Candi Borubudur adalah contoh yang mudah kita kenali. Jika kita pergi melihat candi tersebut, maka kita pasti akan bertanya, bagaimana menemukan dan mengangkut batu-batu ke lokasi candi, bagaimana batu-batu besar  dapat mencapai puncak candi, bagaimana mengelola pekerja yang berjumlah ribuan, bagaimana menghitung konstruksi bangunan agar dapat bertahan lama, dan masih banyak lagi. Mereka telah menjalankan apa yang sebetulnya telah, sedang, dan kita akan laksanakan.
Jawaban paling cerdas!
2014-03-31T12:20:41+07:00
Evolusi konsep, ide, pemikiran tentang manajemen bermula pada tahun 5000 SM di Mesir di mana orang Sumeria menggunakan catatan tertulis untuk membantu pemerintahan dan perdagangan. Kemudian pada tahun 4000-2000 SM orang-orang Mesir mengorganisasi diri membuat piramida. Pada tahun 2000-1700 SM orang-orang Babilonia menetapkan standard untuk upah, kewajiban dan sanksi-sanksi bagi anggota. Pada 300 SM - 300 sesudah Masehi masyrakat Roma memanfaatkan komunikasi efektivitas dan efisien.
1 5 1