Apa perbedaan dan persamaan antara hortatory dan analitycal exposition?

2
Ada 3 tahapan dalam membuat teks analytical, yaitu:

Thesis, berisi tentang suatu pernyataan tentang permasalahan tertentu. Biasanya diawali dengan kalimat I personally think, In my opinion, I believe, dll.
Arguments, berisi tentang alasan-alasan untuk medukung Thesis yang dikemukakan. Diawali dengan kata, atau frase First, Second, Furthermore, In addition, The last, dll.
Reiteration, berisi tentang simpulan dari Thesis, dan Arguments yang dikemukakan.

Jawabanmu

2014-03-31T11:29:09+07:00
ANALYTICAL AND HORTATORY EXPOSITION

Apakah kalian pernah merasa kesulitan membedakan jenis text Exposition? Menurut kalian apa sih perbedaan antaraAnalytical Exposition dan Hortatory Exposition itu dan apa yang membedakan mereka? Kl begitu, mari kita coba telaah apa saja perbedaan-perbedaan atau bahkan persamaan-persamaan dari jenis-jenis text diatas.Kita mulai dari pengertian Exposition, what exactly Exposition is?
Exposition adalah text yang bersifat factual yang digunakan untuk menyatakan suatu pendapat yang bersifat pro atau kontra, dimana text tersebut memberikan argument-argument yang kuat yang bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya.
Hal ini tercermin pada Social Function dari text Exposition itu sendiri, yaitu:To persuade the reader or listener.
As we know, seperti yang kita ketahui, bahwa arti kata persuade itu sendiri adalah mengajak. So, ketika kita akan mengajak seseorang untuk mengikuti pendapat kita, we need the strong argument, don’t we?
Sementara itu apa sih yang dimaksud pro atau kontra itu? Apa pro dan kontra itu ada pada satu text?Of course not, tentu saja tidak, dalam satu badan atau isi text Exposition hanya terdapat satu pendapat yang pro saja beserta alasan apa yang membuat penulis pro dengan pendapat tersebut, atau dalam satu text berisi tentang kontra, dan alasan kenapa penulis kontra dengan issue tersebut.
And then, apa perbedaan dan persamaan dari Analytical dan Hortatory Exposition itu? Check this out!Perhatikan Schematic Structure dari kedua Exposition dibawah ini:ANALYTICAL EXPOSITIONHORTATORY

1 1 1
2014-03-31T11:30:31+07:00
Tujuan: 
>>Analytical expostion bertujuan untuk: 
-mempengaruhi/mengajak dengan menunjukkan argumen 
-menganalisa atau menjelaskan 

>>Hortatory Exposition bertujuan untuk mempengaruhi/mengajak pembaca atau pendengar bahwa sesuatu dapat atau tidak dapat menjadi sebuah pembicaraan. 

Text Organisation: 
>>Analytical Exposition: 
-a thesis 
-arguments 
-reiteration 

>>Hortatory Exposition 
-a thesis 
-arguments 
-recommendation
Membedakan Analytical Exposition dan Hortatory Exposition