Berapa banyaknya kalor yang digunakan untuk memesnaskan 5Kg es yang bersuhu -10 C,agar berubah menjadi gas yang suhunya 100 C.
( kalor jenis air 4200 J/Kg C
Kalor jenis es 21J/Kg
kalor uap air 2260000J/Kg
kalor lebur es 336000 J/Kg )

2

Jawabanmu

2014-03-31T11:10:03+07:00
M.c.Δt = 5 . 21 . 10 = 1050 J

m . L = 5 . 336000 = 1.680.000 J

m.c.Δt= 5 . 4200 . 100= 2.100.000 J

m.U = 5 . 2260000 = 11.300.000 J

jumlah kalor = 15.081.050 J
Jawaban paling cerdas!
2014-03-31T11:11:57+07:00
Kalor yang dibutuhkan pada suhu -10 sampai 0 derajat
m x c x (t2-t1)
5 x 2100 x 10
1050 J
kalor yang dibutuhkan untuk mencairkan es
m x L
5 x 336000 = 1.680.000
kalor yang dibuhkan pada suhu 0 - 100 derajat
m x c x (t2-t1)
5 x 4200 x 100
2.100.000
kalor yang diperlukan untuk mengubah menjadi gas
m x U
5 x 2260000 = 11.300.000 J

Total = 
1050 + 1.680.000 + 2.100.000 + 11.300.000  = 15.081.050 J
1 5 1