Soal Pilihan Ganda
1.Semangat gotong royong sekarang sudah mulai luntur karena masuknya paham...
a.Fanatisme b,Feodalisme
c.komunisme d.individualisme
2.Rumpun Bahasa daerah di indonesia secara umum terbagii ke dalam 2 kelompk,yaitu.....
a.Melayu dan Melanesia b.Austronesia dan non-Austronesia
c.Kelompok Timur dan Kelompok Barat d.Kelompok Jawa dan luar jawa
3.Kendang atau Gendang adalah instrumen dari jawa tengah yang berfungsi untuk.......
a.Mengatur Irama b.melengkapi adat
c.memperindah suara d.mempertegas nada
4.Masuknya budaya asing tanpa diseleksi dapat mengakibatkan.....
a.degradasi budaya nasional b.kekayaan budaya bangsa
c.kemajuan budaya nasional d.perkembangan yang modern
5.Menurut Mr.Supomo semboyan bhinneka tunggal ika sudah ada sejak abad.....
a.XIII b.XIV c.XV d.XVI
6.Gabungan suku-suku bangsa yang sudah bersatu disebut..........
a.negara b.kesatuan bangsa c.persatuan bangsa d.bangsa

Soal ESSAY
1.Sifat-sifat kedaerahan itu dapat dilihat dari apa saja ?
2.Mengapa adanya diskriminasi ras dan etnis dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara harus kita hindari ?
3.Jelaskan pengertian kebudayaan nasional menurut KI Hajar Dewantara itu ???

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-31T10:30:51+07:00
D, B, A, A, B, C

perbuatan, sikap, interaksi dengan orang lain

agar tidak memecah persatuan dan kesatuan

puncak-puncak dari kebudayaan daerah
4 3 4
2014-03-31T11:54:42+07:00