Jawabanmu

2014-03-31T10:12:09+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Antara lain:
1. Katarak merupakan gangguan mata di mana lensa mata yang harusnya bening malah menjadi keruh. Hingga kini katarak masih menjadi penyebab kebutaan terbanyak di tanah air.

"Katarak dapat diobati tapi karena kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap operasi katarak dan biaya operasi mahal membuat angka katarak di Indonesia menjadi tinggi," terang Dr. Johan

2. Glaukoma terjadi bila bola mata berubah menjadi hijau kebiruan dari yang seharusnya bening. Glaukoma dapat menyebabkan kebutaan secara perlahan-lahan yang sifatnya permanen akibat terjadi peningkatan tekanan di bola mata.

"Awalnya tidak ada keluhan hingga akhirnya lapang pandangan menyempit secara perlahan. Glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbanyak di Indonesia," jelas Dr. Johan.

3. Konjungtivitis atau lebih dikenal dengan mata merah terjadi karena peradangan di selaput mata akibat bakteri, virus atau polusi debu. Dr. Johan mengingatkan untuk tidak sembarang menggunakan obat tetes mata karena bisa mengakibatkan kebutaan.

4. Kelainan refraksi merupakan kelainan bola mata tidak dapat membelokkan cahaya agar tetap jatuh pada makula retina. Kelainan refraksi terbagi menjadi empat: presbiopia (kemampuan lensa menurun), miopia (rabun jauh), hiperopia (rabun dekat) dan astigmatisme (silindris).

"Masalah kelainan refraksi bisa diatasi dengan pemakaian kacamata, lensa kotak atau operasi lasik. Penderita kelainan refleksi banyak dialami anak-anak usia sekolah yang memberikan dampak buruk pada perkembangan kecerdasannya," tambah Dr. Johan.

5. Ptergium. Hampir sama seperti konjungtivitis, ptergium merupakan mata merah karena paparan sinar UV. Ketika mata memerah dan mengobatinya dengan obat tetes, mata akan sembuh sementara kemudian menjadi merah lagi. Ketika keadaan semakin parah, sebaiknya segera temui dokter.

6. Penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan lanjut usia. Dr. Nila Moelok mengingatkan bahwa penderita diabetes juga bisa mengalami komplikasi seperti kebutaan. Komplikasi pada retina dapat dihindari dengan pengelolaan pasien diabetes meliputi pola makan, aktivitas fisik dan obat-obat anti diabetikum.


semoga membantu :)
trimakasih ya/
ya,sama-sama :) jangan lupa tandai yg terbaik agar 25 % poin yang kamu ajukan kembali :)
2014-03-31T10:14:26+07:00
Penyebab kebutaan bisa saat lahir,,terkena benda tumpul yg sangat menyakitkan di bagian mata,karena bisa ular,melihat kilatan cahaya yg menyilaukan mata seperti melihat cahaya matahari/lampu secara terus menerus dan katarak yg tdk dioperasi