Jawabanmu

2014-03-31T06:47:30+07:00
Makanan atau ekologi?
aku tau nya cuman ekologi 

Jawaban TerbaikPilihan Pemberi SuaraAnggrek Platypus Dijawab 2 tahun yang lalu1. PIRAMIDA JUMLAH 
Piramida jumlah menggambarkan jumlah individu pada setiap tingkat trofik dalam suatu ekosistem. Susunan organisme dalam piramida jumlah dimulai tingkat trofik terendah (produsen)kemudian dilanjutkan kekonsumen primer dan konsumen sekunder, serta konsumen tertier. Piramida jumlah memiliki kelebihan yaitu data yang diperlukan untuk membuat piramida jumlah lebih mudah dikumpulkan dibandingkan untuk membuat piramida biomassa atau energi. Tetapi kekurangannya pada kasus tertentu tidak bersifat representatif mengingat piramida ini tidak memperhatikan ukuran tubuh organisme, maka piramida yang terbentuk menjadi aneh. Misalnya pada ekosistem aquatik, dalam 1 meter persegi bisa saja terdapat ribuan bahkan jutaan plankton sebagai produsen. Tetapi pada ekosistem darat, 1 meter persegi hanya cukup ditempati oleh sebuah pohon. Jika digambarkan dalam bentuk diagram, maka bentuk piramida jumlah menunjukkan bentuk yang aneh. 

2.PIRAMIDA BIOMASSA 
Piramida Biomassa menggambarkan biomassa (berat kering organisme). Piramida ini mampu menunjukkan hubungan kuantitatif biomassa dalam suatu ekosistem yang lebih baik dari piramida jumlah individu. Tetapi piramida biomassa juga masih memiliki kekurangan yaitu tidak memberi penjelasan yang diambil dari laju pembentukan biomassa, piramida ini hanya menggambarkan jumlah biomassa yang ada pada waktu tertentu. Misalnya Jumlah bakteri yang hidup pada suatu saat akan jauh lebih kecil dari jumlah mamalia dan ikan, walaupun pemanfaatan energi kedua kelompok sama besarnya. 

3. PIRAMIDA ENERGI 
Piramida energi menggambarkan energi yang ditransfer dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik selanjutnya. Piramida ini mampu memberi gambaran menyeluruh mengenai sifat-sifat fungsional komunitas yang terjadi pada komponen biotik suatu ekosistem. Piramida energi juga menunjukkan kecepatan arus makanan melalui rantai makanan. Bentuk piramida energi tidak dipengaruhi oleh ukuran suatu organisme dan kecepatan metabolisme individu. Akan tetapi, dalam piramida ini tiap organisme yang ditetapkan hanya diperuntukkan untuk satu tingkat trofik. Padahal untuk beberapa organisme, tingkat trofik dapat bervariasi sesuai dengan apa yang dimakannya
kalo piramida makanan?
Piramida MakananDalam ekosistem ya ng seimbang jumlah produsen lebih banyak daripada jumlah konsumen tingkat I, jumlah konsumen tingkat II lebih banyak daripada konsumen tingkat III, demikian seterusnya. Hal ini disebabkan oleh hilangnya energi pada setiap tingkatan makanan. Jika rantai makanan digambarkan dari produsen sampai konsumen tingkat tinggi, maka akan terbentuk suatu piramida makanan.
Piramida Makanan
Dalam ekosistem ya ng seimbang jumlah produsen lebih banyak daripada jumlah