Dua buah lingkaran dengan pusat A dan B dengan panjang salah satu jari jari lingkaran 3cm, jarak kedua titik pusat 13cm dan garis singgung persekutuan dalam kedua lingkatan 12cm. hitunglah:
a. panjang jari jari yang lain

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-30T18:40:31+07:00
J^2 = l^2 - (R+r)^2 13^2 = 12^2 - (3+r)^2 (3+r) = akar 25 3+ r = 5 r = 2
2014-03-30T19:23:11+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui :
R = 3 cm
p = 13 cm
d = 12 cm
Ditanyakan : r = ?
Penyelesaian :
d =  \sqrt{p^{2}-(R+r)^{2}}

Maka :
d^{2} =  p^{2}-(R+r)^{2}

12^{2} =  13^{2}-(3+r)^{2}

144 =  169-(3+r)^{2}

144 - 169=  -(3+r)^{2}

-25=  -(3+r)^{2}

Kalikan negatif, maka :

25=  (3+r)^{2}

(3+r)^{2} = 25

(3+r) =  \sqrt{25}

3+r =  5

r =  5 - 3

r = 2  cm

Jadi Panjang salah satu jari-jarinya ialah 2 cm
2 4 2