1. Batang besi panjangnya 2 m pada suhu 20o C. Setelah suhunya mencapai 80oC, panjang batang besi menjadi ... (α= 0,000011/oC)

2.
Sebuah jembatan yang dibuat dari baja pada suhu 30oC panjangnya 100 m. Berapakah pertambahan panjang baja itu apabila suhunya naik menjadi 60oC ?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-30T14:52:30+07:00
1. lo  = 2 m                                       
to = 20oC
                                       
t   = 80oC
                                      
 α  = 0,000011/oC


maka :
Δt      = t - to         
= 80oC – 20oC
         
= 60oC
Dan  
l    = lo {1 + α Δt}
             
= 2 {1 + (0,000011)(60)}             
= 2 (1 + 0,000660)             
= 2 (1,000660) = 2,00132 m


2.Panjang baja mula-mula= 100 m
Pertambahan suhu = 60oC - 30oC
Koefisien muai panjang baja= 0,000012/oC                    

Dengan menggunakan rumus, diperoleh  
Jadi, pertambahan panjang kawat baja adalah 0,036 m

3 5 3
2014-03-30T14:56:33+07:00
1.
Lt = Lo (1+αΔT)
Lt = 2 (1+0,000011(80-20)
Lt = 2 (1+
0,000011(60)
Lt = 2 (1+0,0066)
Lt = 2 (1,0066) = 2,0132 m

2.
Lt = Lo(1+
αΔT)
Lt = 100 (1+ 0,000012(60-30)
Lt = 100 (1+ 0,000012(30)
Lt = 100 (1+0,00036)
Lt = 100 (1,00036)
Lt = 100,036 m





1 5 1