salah satu keuntungannya dapat mengurai material organik.. smoga membantu
dekomposer mengurai bahan organik dari organisme yang telah mati. organisme akan terurai dan menjadi unsur hara kemudian diserap oleh tumbuhan (produsen)

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-30T12:31:18+07:00
Peran dekomposer ditempati oleh organisme yang bersifat saprofit, yaitu bakteri pengurai dan jamur saproba. Keberadaan dekomposer sangat penting dalam ekosistem. Oleh dekomposer, hewan atau tumbuhan yang mati akan diuraikan dan dikembalikan ke tanah menjadi unsur hara (zat anorganik) yang penting bagi pertumbuhan tumbuhan. Aktivitas pengurai juga menghasilkan gas karbondioksida yang penting bagi fotosintesis.
3 4 3
2014-03-30T14:04:27+07:00
Materi yang diuraikan decomposer dapat diserap oleh tumbuhan yang hidup disekitar daerah tersebut.Nah, bahan organik yang telah hancur itu dapat mempengaruhi kesuburan suatu tanah.