Jawabanmu

2014-01-16T11:11:11+07:00
Pembuluh limfe membawa cairan yang disebut limfe ke seluruh tubuh. Limfe membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan mengumpulkan kelebihan cairan dari jaringan dan mengembalikannya ke aliran darah. Limfe juga membawa sel darah putih yang melawan infeksi. Darah yang meninggalkan jantung melalui arteri dan di kembalikan melalui vena dan sebagian cairan meninggalkan sirkulasi di kembalikan melalui saluran limfe yang merembes dalam ruang-ruang jaringan.Susunan pembuluh limfe disebut juga mildleman atau susunan tengah karena merupakan saluran antara darah dan cairan jaringan yang terdapat zat-zat koloid,garam elektrolit tidak dapat masuk ke dalam kapiler darah akan tetapi masuk melalui kapiler-kapiler limfe atau saluran limfe.

Fungsi pembuluh limfe:
1.Mengembalikan cairan dan protein dari jaringan ke dalam sirkulasi darah.
2. Mengangkut limfosit dari kalenjar limfe ke sirkulasi darah.
3. Membawa lemak yang sudah di buat emulsi dari usus ke sirkulasi darah.Susunan limfe yang melaksanakan ini ialah saluran lacteal.
4. Menyaring dan menghancurkan mikroorganisme.
5.Menghasilkan zat antibody untuk melindungi terhadap kelanjutan infeksi.

Sturktur pembuluh limfe serupa dengan vena kecil tetapi memiliki lebih banyak katup sehingga tanpak seperti rangkaian merjan.Pembuluh darah limfe yang terkecil atau kapiler lebih besar dari kapiler darah terdiri atas selapis endothelium.Pembuluh limfe merupakan jalinan halus kapiler yang sangat kecil atau sebagai rongga limfe di dalam jaringn berbagai organ dalam vili usus terdapat pembuluh limfe khusus yang di sebut lacteal yang di jumpai dalam vili usus.