Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-01-16T11:17:36+07:00
Ratu sima adalah ratu yang bijak , walaupun ia tegas tetapi ia di segani/di sayang oleh rakyatnya , pelaksanaan hukum di negara kita belum stabil karena masih banyak orang yang korupsi , demo , dll , pada masa ratu sima tidak ada yg seperti itu
9 4 9
2014-01-16T11:20:00+07:00
Tak yang banyak mengenalnya. Namun sejarah selalu mencatat dengan tinta emas bagi sang dewi kejujuran, Ratu Shima dari Kalingga.

Ratu Shima memimpin sebuah kerajaan yang disebut Kalingga atau Ho-ling (sebutan dari sumber Tiongkok). Kalingga adalah kerajaan bercorak Hindu yang muncul di Jawa Tengah sekitar abad ke-6 masehi.

Letak pusat kerajaan ini belum jelas, namun banyak literatur menyebut kemungkinan berada di suatu tempat antara Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Jepara sekarang.

Sebagai penguasa tunggal di Kerajaan Kalingga, Ratu Shima dikenal memiliki peraturan yang tegas soal pencurian. Hukum potong tangan diterapkan bagi siapa saja yang mencuri barang milik orang lain. Hukum yang dibuat itupun berlaku untuk seluruh rakyat termasuk keluarga kerajaan. Sebuah bentuk persamaan hak di mata hukum.

Ratu Shima mendidik dan mengajari rakyatnya agar selalu berlaku jujur. Berkat didikan dan tegas hukum yang diterapkan, Kerajaan Kalingga terkenal seantero negeri karena kejujurannya.

Kabar kemashuran rakyat negara Kalingga yang jujur dan taat hukum didengar seorang raja dari seberang lautan. Untuk mengujinya, raja tersebut sengaja datang ke Kalingga. Sekantung emas lalu dia letakan di persimpangan jalan dekat pasar.

Dan ternyata benar, tak ada seorang pun rakyat Kalingga yang berani menyentuh apalagi mengambil barang yang bukan miliknya. Meski mengetahui sekantong emas tergeletak, rakyat Kalingga tidak menjadi gelap mata.

Hingga tiga tahun kemudian kantung itu disentuh oleh putra mahkota dengan kakinya. Ratu Shima demi menjunjung hukum menjatuhkan hukuman mati kepada putranya.