makasieh...kawan2
2. mampu memahami isi secara utuh terhadap bacaan yang akan dirangkum,
3. mampu menemukan ide-ide pokok ataupun kalimat topik dalam bacaan yang akan dirangkum, serta
4. mampu menyusun kembali ide-ide maupun kalimat topik yang tela
sip ya kk
sama2 no 4 ithu ada tambahan .yang telah ditemukan menjadi sebuah tulisan utuh dan koheren.
makasieh banyak yahh......buat masukannya,,,

Jawabanmu

2014-03-29T18:29:46+07:00
Tipsnya adalah memperhatikan penjelasan guru. Meski kadang sepele, penjelasan guru terkadang lebih mudah untuk diingat dan bila ada poin penting usahakan untuk dicatat atau membuat skema tentang materi. Pertama, materi tersebut harus dibaca terlebih dahulu. Ambil poin2 pentingnya saja(ambil gagasan utamanya), kemudian salin hasil dari poin2 tersebut ke dalam buku tulis. Semoga membantu, maaf kalau salah :-)
Jawaban paling cerdas!
2014-03-29T18:29:47+07:00
1. Membaca dan memindai naskah asli
2. Buatlah atau catat ide utama (gagasan utama).
3. Menyusun Kembali gagasan utama atau mengadakan reproduksi. 

atau untuk lebih mudahnya bisa menggunakan mind mapping :3
Semoga membantu :3
1 5 1