Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-29T16:53:15+07:00
Tegangan permukaan zat cair adalah kecenderungan permukaan zat cair untuk menegang,sehingga permukaannya seperti ditutupi oleh suatu lapisan elastis.
Penyebab Terjadinya Tegangan Permukaan.Partikel A dalam zat cair ditarik oleh gaya sama besar ke segala arah oleh partikel-partikel di dekatnya.Partikel B di permukaan zat cair hanya ditarik oleh partikel-partikel disamping dan dibawahnya,hingga pada permukaan zat cair terjadi tarikan ke bawah.
Penurunan RumusRumus Tegangan Permukaan :Ƴ = F/ dDalam Kasus ini d = 2l, sehingga Ƴ = F /2 * l
1 5 1
2014-03-29T17:24:36+07:00
Tegangan permukaan bervariasi antara berbagai cairan. Air memiliki tegangan permukaan yg tinggi dan merupakan agen pembasah yg buruk. Misalnya, tetesan air hujan pada kaca depan mobil. Permukaan air membentuk suatu lapisan yg cukup kuat sehingga beberapa serangga dapat berjalan di atasnya. Ada istilah kohesi dan adhesi. Kalau kohesi itu gaya tarik-menarik antar molekul sejenis. Kalau adhesi itu gaya tarik-menarik antar molekul yg tidak sejenis. Kalau air membentuk meniskus cekung, sedangkan raksa membentuk meniskus cembung.
Tegangan permukaan = energi potensial / luas permukaan
1 1 1