Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-29T14:03:32+07:00
Karena kalau melewati jalur laut tdk harus membayar upeti ke daerah yg dilewatinya pada zaman kerajaan
2014-03-29T14:05:25+07:00
Para pedagang umumnya memilih jalur darat jikaa ia berdagang ke daerah dekat. tapi jika ia bergadang ke daerah jauh. maka dulunya mereka memilih jalur laut, selain bebas tenaga, perdagangan jalur laut itu sesuai arah mata anginn . karna dulunya blum ad teknologi seperti peta dan kompas untuk menentukan tempat berdagg, sehingga mereka memilih jalir laut yg dapat dibawa anginn. semoga bermanfaat dan terbaik 
thanks jawabannya :)
iaa. semoga membantuu. kalo tdak jels bsa fitanyakan