1. Sebuah jembatan yang dibuat dari baja pada suhu 30oC panjangnya 100 m. Berapakah pertambahan panjang baja itu apabila suhunya naik menjadi 60oC?

2.
Batang besi panjangnya 2 m pada suhu 20o C. Setelah suhunya mencapai 80oC, panjang batang besi menjadi ... (α= 0,000011/oC)

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-29T13:54:33+07:00
Jawab :
Penyelesaian
1.Panjang baja mula-mula= 100 m
Pertambahan suhu = 60oC - 30oC

Koefisien muai panjang baja= 0,000012/oC                    

Dengan menggunakan rumus, diperoleh 
J
adi, pertambahan panjang kawat baja adalah 0,036 m



Penyelesaian :
2.Dik :
lo  = 2 m
                                      
to = 20oC
                                       
t   = 80oC
                                       
α  = 0,000011/oC


maka :
Δt      = t - to
         
= 80oC – 20oC
         
= 60oC


Dan   l    = lo {1 + α Δt}             
= 2 {1 + (0,000011)(60)}             
= 2 (1 + 0,000660)             
= 2 (1,000660)
= 2,00132 m




3 5 3
2014-03-29T14:02:44+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Panjang baja=100m
suhu = 60C - 30C
Koefisien muai panjang baja= 0,000012/oC                    
Dengan menggunakan rumus, diperoleh pertambahan panjang baja adalah 0,036 m

2. Dari soal diketahui            lo  = 2 m                                         to  = 20oC                                         t    = 80oC                                         α   = 0,000011/oC
maka : Δt      = t - to           = 80oC – 20oC           = 60oC
Dan   l    = lo {1 + α Δt}               = 2 {1 + (0,000011)(60)}               = 2 (1 + 0,000660)               = 2 (1,000660) = 2,00132 m



1 5 1