Jawabanmu

2014-03-29T13:09:50+07:00
Bedanya, kalau kalimat utama itu biasanya di awal kalimat paragraf tersebut. sedangkan gagasan utama bisa dimana saja, bisa di awal, tengah ataupun akhir. cara untuk mengetahui gagasan utama tersebut adalah dengan cara kita harus memahami yang dimaksud dalam bacaan tersebut. biasanya jika gagasan utama yang terdapat di akhir kalimat menggunakan kata sehingga, maka, dan sebagainya.

semoga bermanfaat ya... :)
jadi bagaimana dengan pernyataan bahwa bentuk paragraf terbagi atas tiga yaitu induktif ( yang letak kalimat utama nya di akhir) ,deduktif ( yang letak kalimat utamanya di awal ) dan campuran ??
iya, maksudnya, kalau yg di awal kalimat aku kurang tahu cirinya seperti apa, tpi yang penting kita harus memahami yang dimaksud suatu bacaan agar mengetahu mana yg disebut gagasan utama/ide pokok. kalau gagasan utama menurut aku biasanya kata-katanya muncul berulang kali.
terima kasih :)
iya sama-sama...
2014-03-29T13:13:25+07:00
1. GAGASAN UTAMA /ide pokok: Pokok masalah yang mendasari cerita yang bersifat abstrak/ implisit atau kata – kata kunci yang terdapat dalam kalimat utama.

2. KALIMAT UTAMA : Realisasi yang berupa pernyataan atau kalimat dari ide pokok biasanya terletak di awal dan di akhir paragraph.

smoga membantu yaa..