Mohon Di Jawab !
Bila serbuk besi 28 gram (Ar Fe = 56) direaksikan dengan 20 g belerang (Ar S=32). Sesuai persamaan reaksi berikut: Fe + S →FeS
Dari reaksi yang terjadi tentukan pereaksi manakah yang tersisa setelah reaksi berakhir ?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-29T10:07:54+07:00
Jawab

Langkah penyelesaian
Pertama :

Konversikan massa kedua logam yang telah diketahui dalam satuan mol.Mol besi = 28 g / 56 g/mol = 0,5 molMol belerang = 20 g / 32 g/mol = 0,6 molDari jumlah mol dari kedua unsur dapat diketahui bahwa apabila jumlah mol kedua unsur dibagi dengan koefisien masing-masing unsur pada persamaan reaksi akan diperoleh mol besi lebih kecil dari mol belerang. Oleh sebab itu yang menjadi pereaksi pembatas dalam reaksi ini adalah besi.

Kedua :

Menentukan mol belerang yang bereaksi. Seperti yang telah disinggung bahwa pereaksi lain yang bereaksi sama dengan jumlah mol pereaksi pembatas. Karena besi yang tersedia sebanyak 0,5 mol maka belerang yang bereaksi adalah 0,5 juga.

Ketiga :
Jadi massa belerang yang bereaksi = 0,5 mol x Ar S = 0,5 mol x 32 g/mol = 16 g

Keempat :
Dan S yang tersisa sebanyak = 20-16 = 4 gram.

SELESAI !

Jangan Lupa Klik "Terima kasih"
Dan tandai sebagai solusi terbaik
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus
2014-03-29T10:22:29+07:00
Fe + S -----> FeS
n Fe = 28/56 = 0,5 mol
n S = 20/32 =  0,625
karena mol S lebih besar daripada mol Fe maka dalam keadaan setimbang unsur S memiliki sisa dan unsur Fe menjadi pembatas