Jawabanmu

2014-03-29T09:42:17+07:00
Kerajaan kutai adalah kerajaan tertua di Indonesia. Kerajaan ini terletak ditepi sungai Mahakam di Muarakaman, Kalimantan Timur, dekat kota Tenggarong. Diperkirakan Kerajaan Kutai berdiri pada abad 4 M prasasti tersebut didirikan oleh Raja Mulawarman. Bukti sejarah tentang kerajaan Kutai adalah ditemukannya tujuh prasasti yang berbentuk yupa (tiang batu) tulisan yupa itu menggunakan huruf pallawa dan bahasa sansekerta.
Di dalam prasasti tersebut dinyatakan bahwa raja pertama Kerajaan Kutai bernama Kudungga. Ia memiliki seorang putra bernama Asawarman yang disebut sebagai wamsakerta. Kemudian setelah meninggal, Asawarman digantikan oleh Mulawarman. Penggunaan nama Asawarman dan nama-nama raja pada generasi berikutnya menunjukkan telah masuknya pengaruh ajaran Hindu dalam kerajaan Kutai dan hal tersebut membuktikan bahwa raja-raja Kutai adalah orang Indonesia asli yang telah memeluk agama Hindu.
2014-03-29T10:01:03+07:00
Kerajaan kutai (kutai martadipura) adalah kerajaan bercorak hindu yang terletak di muara kaman, kalimantan timur, tepatnya di hulu sungai mahakam. kerajaan kutai berderi sejak tahun Abad ke-4 nama kerjaan ini sesuai dengan daerah setempat, penemuan prasasti, yairu daerah kutai. hal ini di sebabkan karna setiap prasasti ditemukan tidak ada yang menyebut nama dari kerajaan tersebut. wilayah kerajaan kutai mencakup wilayah yang cukup luas, yaitu hampir menguasai seluruh wilayah kalimantan timur. bahkan pada masa kerajaannya kerjaan kutai hampir menguasai sebagai wilayah kalimantn.