Jawabanmu

2014-03-28T20:17:26+07:00
Diketahui pajak sebesar 9 %
sehingga , 65404 rupiah = 109%*harga semula
harga semula = (100*65404) / 109
= 6540400 / 109 = 60003.66
harga semula = kurang lebih 60000 rupiah
:)
Jawaban paling cerdas!
2014-03-28T20:22:51+07:00
65404 = Y + Y9%
65404 = Y(1 + 0,09)
Y = 65404/1,09

nilai pajak = Y9%
                = 65404 - Y
                = 65404 - 65404/1,09
                = (71290,36 - 65404)/1.09
                = 5400,3302752294 rupiah

Ket : Y adalah bayaran tidak termasuk pajak
1 5 1