Jawabanmu

2014-03-28T19:56:23+07:00
Metaserkaria (metacercaria) : Bentuk akhir larva Trematoda, misalnya cacing darah (Schistosoma), yang tinggal pada hewan lain selain keong sebelum masuk kedalam tubuh manusia dan tumbuh menjadi cacing dewasa; pada bentuk ini larva tersebut tidak bersifat parasit terhadap hewan inangnya yang kedua

Serkaria adalah bentuk infektif dari larva dan dapat langsung menginfeksi hospes definitif melalui makanan, minuman atau aktif menembus kulit, namun serkaria dapat mengkista diluar tubuh terutama pada tanaman air/rerumputan dan bentuk kista ini disebut metaserkaria yang bersifat infeksius.

Dalam biologi, imago adalah peringkat terakhir dalam perkembangan serangga, selepas ekdisis terakhir dalam metamorfosis tak lengkap, ataupun selepas keluar dari pupa di mana metamorfosis adalah lengkap.

Mirasidium (miracidium) : Larva yang menetas dari telur cacing Trematoda

Sporokista : Adalah trofozoit berbentuk bulat sebelum stadium kista (stadium peralihan) , bedanya dengan kista adalah ia memiliki dinding kista.
6 3 6
2014-03-29T04:57:32+07:00
Cacing Fasciola hepatica tidak mempunyai anus dan alat ekskresinya berupa sel api. Karena jumlah telurnya sangat banyak, maka akan keluar dari tubuh ternak melalui saluran empedu atau usus bercampur kotoran. Jika ternak tersebut mengeluarkan kotoran, maka telurnya juga akan keluar, jika berada di tempat yang basah, maka akan menjadi larva bersilia yang disebut mirasidium. Di dalam tubuh siput, silia sudah tidak berguna lagi dan berubah menjadi sporokista. Sporokista dapat menghasilkan larva lain secara partenogenesis yang disebut redia yang juga mengalami partenogensis membentuk serkaria. Setelah terbentuk serkaria, maka akan meninggalkan tubuh siput dan akan berenang sehingga dapat menempel pada rumput sekitar kolam/sawah. Apabila keadaan lingkungan tidak baik, misalnya kering maka kulitnya akan menebal dan akan berubah menjadi metaserkaria. Pada saat ternak makan rumput yang mengandung metaserkaria, maka sista akan menetas di usus ternak dan akan menerobos ke dalam hati ternak dan berkembang menjadi cacing muda, demikian seterusnya.

Catatan:
Parthenogenesis adalah proses dimana telur berubah menjadi embrio tanpa dibuahi.

3 2 3