Jelaskan teori kedaulatan hukum dan sebutkan tokoh yang mengemukakan teori tersebut !

2
Teori Kedaulatan Hukum
Berdasarkan pemikiran teori ini, kekuasaan pemerintah berasal dari hukum yang berlaku. Hukumlah (tertulis maupun tidak tertulis) yang membimbing kekuasaan pemerintahan. Etika normatif negara yang menjadikan hukum sebagai “panglima” mewajibkan penegakan hukum dan penyelenggara negara dibatasi oleh hukum. Pelopor teori Kedaulatan Hukum antara lain: Hugo de Groot, Krabbe, Immanuel Kant dan Leon Duguit.

Jawabanmu

2014-03-28T18:23:06+07:00
Teori Kedaulatan Hukum

Menurut teori kedaulatan hukum atau Rechts-souvereiniteit tersebut yang memiliki bahkan yang merupakan kekuasaan tertinggi didalam suatu negara itu adalah hukum itu sendiri. Karena baik raja atau penguasa maupun rakyat atau warganegara, bahkan negara itu sendiri semuanya tunduk kepada hukum. Semua sikap, tingkah laku dan perbuatannya harus sesuai atau menurut hukum (Soehino, 1996:156).


Hukum merupakan penjelmaan daripada kemauan negara. Akan tetapi dalam keanggotaannya negara sendiri tunduk kepada hukum yang dibuatnya. Hal ini dikemukakan oleh Leon Duguit dalam bukunya “Traite de Droit Constitutionel” dan Krabbe pada bukunya “Kristische Darstellung der Staatslehre” serta pada bukunya “Die Lehre der Rechtssouvereinitet”.


Menurut Krabbe, Jellinek mempertahankan pahamnya dengan mengemukakan ajaran atau teori selbstbindung (yaitu ajaran yang mengatakan bahwa negara tunduk kepada hukum). Tetapi menurut Krabbe masih ada faktor di atas negara yaitu kesadaran hukum dan rasa keadilan, maka dengan demikian tetap hukum yang berdaulat, bukanlah negara. Aliran yang mempengaruhi paham Krabbe tersebut adalah aliran historis yang dipelopori oleh Von Savigny yang mengatakan hukum timbul bersama-sama kesadaran hukum masyarakat. Hukum tidak tumbuh dari kehendak atau kemauan negara. Maka berlakunya hukum terlepas dari kemauan negara (Abu Daud Busroh, 2009:72).


Jadi, menurut teori yang hadir sejak abad ke-20 ini, yang disebut dengan teori kedaulatan hukum berartian bahwa hukum merupakan sesuatu yang berdaulat, pemerintah memperoleh kekuasaan bukan dari negara atau raja, melainkan kekuasaan itu berdasarkan hukum. Dengan kata lain, pemerintah maupun rakyat mendapat kekuasaan dari hukum.
9 4 9
2014-03-28T18:24:49+07:00
Teori kedaulatan hukum adalah pemerintahan tertinggi berada di tangan hukum yang harus di taati oleh semua orang
10 4 10