Jawabanmu

2013-12-06T09:31:56+07:00
Untuk beberapa organ yang berkaitan dalam tubuh, kerusakan salah satunya tentunya akan berpengaruh langsung terhadap yang lainnya. Namun, untuk beberapa organ yang  cara kerjanya tidak berkaitan langsung, kerusakan salah satu organ bisa jadi membuat tubuh memunculkan sebuah gejala2 yang mungkin berefek tidak langsung (jangka menengah atau jangka panjang) terhadap organ lain yang tidak berhubungan langsung tersebut.
6 4 6
2013-12-06T18:55:09+07:00
Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang sangat vital. Fungsi ginjal yang utama adalah menetralisir dan mengeluarkan semua zat yang bersifat racun toxid yang masuk ke dalam tubuh kita. Tanpa ginjal, manusia tidak mungkin bertahan hidup, karena tidak ada yang membersihkan darah dari racun-racun dan zat lain yang tidak dikehendaki tubuh kita. 

Tuhan telah mengaruniakan kepada kita sepasang ginjal. Walaupun pada umumnya manusia dapat hidup normal dengan satu ginjal saja, tetaplah sangat mengkhawatirkan, karena bila satu ginjal itu rusak, maka habislah riwayat kita. Bisa dibayangkan jumlah biaya yang harus dikeluarkan, waktu dan tenaga yang telah terbuang dan rasanya yang menyakitkan. 
Karena itu, sayangilah ginjal kita...

 "Tubuh manusia mempunyai sistem yang sangat kompleks, karena terdiri dari berbagai sistem yang berhubungan satu dengan yang lain. Apabila salah satu sistem ini terganggu (rusak) maka akan mempengaruhi kerja sistem yang lainnya. "

Ginjal, merupakan salah satu bagian dari sistem yang ada di tubuh manusia. Ginjal mempunyai peran yang penting dalam sistem itu. Ginjal berperan dalam proses urinary tubuh (pengeluaran zat sisa tubuh melalui urin). Proses ini akan berlangsung terus menerus selama fungsi ginjal dalam keadaan baik. Apabila terjadi kerusakan ginjal maka sistem eks kresi (pengeluaran zat sisa) dan hormonal akan terganggu, yang kemudian akan menimbulkan gangguan- gangguan pada tubuh. Oleh karena itu, ginjal perlu dijaga agar fungsinya tetap maksimum. Namun jika sudah mengalami penurunan fungsi ginjal, kita tidak perlu langsung berputus asa. Masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempertahankan fungsi ginjal yang masih ada. 

3 5 3