1. pada suhu 0ºC, panjang sebatang besi adalah 200 cm, jika suhu besi dinaikan menjadi 100ºC, ternyata panjang besi itu menjadi 200,24 cm. tentukan koefisien muai panjang besi..
2. panjang sebatang baja pada 20ºC adalah 40 cm. jika koefisien muai panjang baja 0,00002/ºC, berapa panjangnya pada suhu 70ºC?

Bantu jawab yaa.. jgan lihat nilainya. yg pnting ikhlas :) makasih yg baik hati :)

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-28T09:44:36+07:00
1. koef. muai pnjg (alfa) = deltaL : L1 x deltaT
                                   = 0,24 cm : 200 cm x 100°C
                                   = 0,24 : 20.000
                                   = 0m000012 /°C
    Jadi, koef. muai panjang besi adl 0,000012 /°C

2. deltaL = pnjng awal (L1) x alfa x deltaT
              =  40 cm x 0,00002 /°C x 50°C
              =  0,04 cm
    L2 = L1 + deltaL
        = 40 cm + 0,04 cm
        = 40,04 cm
   Jadi, panjang akhir baja tsb adl 40,04 cm

2014-03-28T09:50:58+07:00
1. Diketahui : T1 = 0 derajat C, T1 = 100 derajat C, L0= 200 cm, L1= 200,24 cm Jawab : rumus= L1 -L0 / L0 x AT = 200,24-200/200 x (100-0) =0,24/20000 =0,000012cm/derajat C 2. AL= L x a x AT AL= 40 x 0,00002 x 50 AL= 0,04 L1= L + AL L1= 40 + 0,04 L1= 40,04 cm Semoga membantu