Jawabanmu

2014-03-28T00:35:58+07:00
Saraf okulomotor yaitu saraf ketiga dari dua belas saraf kranial. yang berfungsi mengontrol sebagian gerakan mata, konstriksi pupil dan mempertahankan terbukanya kelopak mata 
setahuku itu, maaf kalo salah/ kurang sempurna :)
Jawaban paling cerdas!
2014-03-28T00:44:19+07:00
Saraf okulomotor adalah saraf ketiga dari dua belas saraf kranial. Saraf ini mengontrol sebagian besar gerakan mata, konstriksi pupil, dan mempertahankan terbukanya kelopak mata.
Saraf troklearis (CN IV)adalah inti dari saraf kranial keempat ini terletak di bagian ventral dari gray matter periaqueductal dan berada langsung di bawah kompleks inti oculomotor di tingkat colliculi rendah. Serat radikuler yang berada di sekitar gray matter pusat dan menyeberang ke sisi yang berlawanan dalam velum medulla superior. Saraf troklearis kemudian keluar menuju permukaan dorsal batang otak (dimana hal ini hanya dilakukan oleh saraf kranial saja), dan muncul dari tectum otak tengah menuju quadrigeminal. Saraf Troklearis mensarafi otot obliks superior dan menghasilkan gerakan mata depresi, rotasi internal (cycloinversion), dan sedikit abduksi.Nukleus dari saraf okulomotor dan troklearis berada di atas tegmentum otak tengah, Sedangkan nukleus dari saraf abdusen berada dibagian tegmentum pons yang menutupi lantai dari ventrikel 4

1 5 1