Uraikan bagaimana proses berdirinya kerajaan kediri ?

tolong dibantu ya

2
Hipotesis Waisya, diutarakan oleh Dr.N.J.Krom, berpendapat bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum pedagang yang datang untuk berdagang ke Indonesia, bahkan diduga ada yang menetap karena menikah dengan orang Indonesia.
Hipotesis Brahmana, diutarakan oleh J.C.Vanleur berpendapat bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum Brahmana karena hanyalah kaum Brahmana yang berhak mempelajari dan mengerti isi kitab suci Weda. Kedatangan Kaum Brahmana tersebut diduga karena undangan Penguasa/Kepala Suku di Indonesia atau sengaja datang untuk menyebarkan agama Hindu ke Indonesia.
Pada dasarnya ketiga teori tersebut memiliki kelemahan yaitu karena golongan ksatria dan waisya tidak mengusai bahasa Sansekerta. Sedangkan bahasa Sansekerta adalah bahasa sastra tertinggi yang dipakai dalam kitab suci Weda. Dan golongan Brahmana walaupun menguasai bahasa Sansekerta tetapi menurut kepercayaan Hindu kolot tidak boleh menyebrangi laut.
Disamping pendapat / hipotesa tersebut di atas, terdapat pendapat yang lebih menekankan pada peranan Bangsa Indonesia sendiri, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Hipotesis Arus Balik dikemukakan oleh FD. K. Bosh. Hipotesis ini menekankan peranan bangsa Indonesia dalam proses penyebaran kebudayaan Hindu dan Budha di Indonesia. Menurutnya penyebaran budaya India di Indonesia dilakukan oleh para cendikiawan atau golongan terdidik.
eh, salah maaf salah ngasi jawaban

Jawabanmu

2014-03-27T20:56:53+07:00
Kerajaan kediri adalah kerajaan yang terletak di jawa timur yang berpusat di kota daha dan di bentuk pada tahun 1042 - 1222 yg terletak di kota kediri ( semoga membantu )
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-03-27T21:08:47+07:00
Airlangga yang memecah kerajaan kediri menjadi dua, yaitu1.kerajaan panjalu yang dipimpin sri samarawijaya 2.jenggala yang dipimpin mapanji garasakan agar tidak terjadi pertumpahan
2 4 2
terimakasih telah menjadikan jawabanku sebagai yang terbaik