Jawabanmu

2014-03-27T20:22:51+07:00
Sejarah perkembangan seni rupa muncul sejak dahlu seperti pada zaman mesir kuno dan kekaisaran romawi
Jawaban paling cerdas!
2014-03-27T20:24:18+07:00
Perkembangan seni rupa Indonesia sampai saat ini dapat dirangkum dalam periode-periode berikut:

Periode Perintisan (1807-1877)
-Seniman Raden Saleh mengangkat lukisan-lukisan bergaya romantik hasil pendidikannya di Belanda
-Ketika Raden Saleh wafat (1877), seni rupa Indonesia—khususnya seni lukis—mengalami kekosongan

Periode Mooi Indie
-Berkembangnya lukisan-lukisan yang menggambarkan keindahan alam Indonesia
-Pelukis-pelukis yang terkenal pada masa ini misalnya:Abdullah Sr, Pringadi, Basuki Abdullah, Wakidi
-Pelukis-pelukis luar negeri yang berpengaruh pada masa ini: Rudolf Bonnet, Le Mayeur, W. Spies, Romualdo Lucatelli, dan lain-lain

Periode PERSAGI (berdiri 1938)
-S. Sudjojono dan Agus Djaja memprakarsai berdirinya PERSAGI
-S. Sudjojono mengritik seniman mooi indie yang hanya menggambarkan keindahan saja
-Pemikiran PERSAGI: “Seni harus mencerminkan pemikiran senimannya serta menggambarkan realitas sosial”

Periode Pendudukan Jepang (1942-45)
-Pemerintah Jepang berusaha mempropagandakan seni dan mendirikan POETERA
-POETERA dibubarkan oleh Jepang karena dinilai terlalu nasionalis
-Keimin Bunka Shidosho menggantikan POETRA, bagaimana pun kehadiran Keimin Bunka Shidosho menunjang banyak kegiatan seni rupa di masa itu

Periode Pasca Kemerdekaan
-Perpindahan ibu kota ke Yogyakarta berdampak pada ikut migrasinya para seniman dari Jakarta dan Bandung
-Banyak berdiri perkumpulan-perkumpulan dan sanggar-sanggar seni sekalipun usianya tidak lama

Periode Perkembangan Akademi
-Berdirinya ASRI di Yogyakarta, Balai Pendidikan Universitas Guru Gambar di Bandung, dan IKJ di Jakarta
-Seniman mulai digolongkan berdasarkan tempat tinggal mereka

Periode GSRB hingga sekarang
-Terbentuknya Gerakan Seni Rupa Baru merupakan titik awal kemunculan seni rupa kontemporer Indonesia

1 5 1