Jawabanmu

2014-03-27T20:19:56+07:00
Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Keanekaragaman hayati dapat terjadi pada berbagai tingkat kehidupan, bahkan pada tingkat yang sangat kecil sekali seperti pada tingkat gen. Gen sendiri dapat diartikan sebagai materi genetik yang menurunkan sifat pada organisme, baik itu sifat yang tampak (fenotipe) maupun sifat yang tidak tampak (genotip). Gen terdapat pada kromoson atau inti sel setiap makhluk hidup. Satu individu mempunyai susunan perangkat gen yang berbeda dengan individu lainnya tergantung pada faktor penurunnya.

Keanekaragaman hayati pada tingkat gen ini menyebabkan variasi pada organisme yang masih sejenis. Sehingga individu yang masih dalam satu spesies yang sama bisa memiliki ciri-ciri dan sifat yang berbeda. Kita ambil contoh tanaman mangga yang mempunyai beberapa varietas seperti manalagi, gadung, arum manis, golek, gedong, dan lain-lain. Munculnya beberapa varietas mangga tersebut dapat muncul karena adanya perkawinan silang sehingga susunan gen individu yang dihasilkan dapat berbeda dari induknya.

Keanekaragaman Hayati Tingkat Spesies Keanekaragaman hayati tingkat spesies memiliki perbedaan yang lebih mencolok dibanding dengan keanekaragaman hayati tingkat gen. Keanekaragaman hayati pada tingkat ini merupakan keanekaragaman yang terdapat pada makhluk hidup yang tidak satu jenis namun masih memiliki hubungan kekerabatan. Kita dapat mengambil contoh keanekaragaman yang terjadi pada tumbuhan palem, kelapa, kurma, dan sagu. Walaupun tumbuhan-tumbuhan tersebut termasuk golongan palem-paleman, namun memiliki bentuk fisik dan sifat yang berbeda.

2014-03-28T00:33:37+07:00
1. Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen
Gen atau plasma nuftah adalah substansi kimia yang menentukan sifat keturunan yang terdapat di dalam lokus kromosom. Setiap individu makhluk hidup mempunyai kromosom yang tersusun atas benang-benang pembawa sifat keturunan yang terdapat di dalam inti sel.

Keanekaragaman hayati tingkat gen adalah keanekaragaman hayati yang menunjukan seluruh variasi jumlah dan susunan gen pada makhluk hidup.

Di samping itu, setiap individu memiliki banyak gen, bila terjadi perkawinan atau persilangan antar individu yang karakternya berbeda akan menghasilkan keturunan yang semakin banyak variasinya. Hal inilah yang menyebabkan keanekaragaman gen semakin tinggi.

Contoh keanekaragaman tingkat gen ini adalah tanaman bunga mawar putih dengan bunga mawar merah yang memiliki perbedaan, yaitu berbeda dari segi warna bunga.

2. Keanekaragaman Hayati Tingkat JenisĀ  (species)
Spesies atau jenis memiliki pengertian individu yang mempunyai persamaan secara morfologis, anatomis, fisiologis dan mampu saling kawin dengan sesamanya (inter hibridisasi) yang menghasilkan keturunan yang fertil (subur) untuk melanjutkan generasinya.
Keanekaragaman hayati tingkat jenis adalah keanekaragaman hayati yang menunjukkan seluruh variasi yang terdapat pada makhluk hidup antar jenis.
Contoh keanekaragaman tingkat jenis adalah dalam keluarga kacang-kacangan, kacang tanah, kacang buncis, kacang hijau, kacang kapri, dan lain-lain. Di antara jenis kacang-kacangan tersebut walaupun ditemukan ciri khas yang sama, akan tetapi ukuran tubuh atau batang, kebiasaan hidup, bentuk buah dan biji, serta rasanya berbeda.