Jawabanmu

2014-03-27T19:33:20+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

√ó
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
 Berikut ini zat adiktif dan psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan:
a. Zat Stimulan Zat stimulan adalah zat yang merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran sehingga kemampuan beraktivitas akan meningkat selama beberapa jam. Jenis zat stimulan, antara lain kafein, kokain, dan amfetamin.
Contoh zat stimulan yang sekarang disalahgunakan adalah shabu-shabu dan ekstasi.


b. Zat Depresan Dalam bidang kedokteran, zat depresan adalah zat yang menekan sistem saraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh sehingga pemakai merasa tenang, bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tak sadarkan diri.
Kelebihan dosis zat ini dapat mengakibatkan kematian. Jenis zat adiktif depresan, antara lain opioda dan berbagai turunannya, seperti morfin dan heroin. Contoh yang populer adalah putaw.

c. Zat Narkotika Dalam bidang kedokteran zat narkotika digunakan sebagai zat analgesik kuat yang dapat menghilangkan rasa nyeri dalam pembedahan. Zat yang termasuk kelompok narkotika adalah ganja, opium, dan kokain.

d. Alkohol Di bidang kesehatan, alkohol digunakan sebagai zat desinfektan. Zat desinfektan adalah zat yang digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri. Alkohol juga dipakai untuk mencuci alat-alat kedokteran.

semoga membantu :)
27 4 27
2014-03-27T19:43:40+07:00
Penggunaan zat adiktif dan psikotropika di bidang kesehatan hanya dapat dilakukan oleh pihak yang berwenang seperti dokter. psikiater atau petugas kesehatan lainnya dengan jenis dan dosis yang terkontrol.penggunaan jenis obat ini biasanya di lakukan dalam keadaan mendesak yaitu obat obat lain tidak bisa menyembuhkan. penggunaan obat obatan yang tergolong narkotika,psikotropika dan bahan adiktif lainnya di bidang kesehatan antara lain :

__MORFIN
Morfin digunakan menghilangkan rasa sakit atau nyeri hebat yang tidak dapat diobati dengan anelgetik non narkotik

__HEROIN
Heroin merupakan turunan dari morfin yang berfungsi sebagai depresant

__BARBITURAT
Barbiturat sering digunakan untuk menghilangkan rasa cemas saat operasi

__MERPERIDIN
Meperidin digunakan sebagai anelgesia

__METADON
Metadon digunakan sebagai anelgesia bagi penderita rasa sakit dan digunakan pula untuk terapi pecandu narkotika
14 3 14