Larutan H2SO4 (asam sulfat) mempunyai daya hantar yang lebih baik daripada larutan CH3COOH (asam asetat). Mengapa demikian?

1
karena H2SO4 merupakan asam kuat. CH3COOH itu basa lemah
Karena H2SO4 termasuk asam kuat yang memliki ikatan atantar ion yang sangat baik, ion ionnya bergerak bebeas secara teratur, karena terionisasi sempurna. Sedangkan CH3COOH itu asam asetat atau asam cuka termasuk asam lemah yang ikatan antar ionnya kurang baik, karena tidak terionisasi sempurna, pergerakkan ionnya pun terbatas
Oiya, asam cuka XO. Abaikan daku yg mengatakan kalo CH3COOH itu basa. Jawaban yg lain lebih mendukung~

Jawabanmu

2015-09-17T20:07:31+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
larutan H2SO4 (asam sulfat) mempunyai daya hantar yang lebih baik daripada larutan CH3COOH (asam asetat). Mengapa demikian ?

Pembahasan
larutan H2SO4 (asam sulfat) merupakan larutan elektrolit kuat, Dalam larutan dapat terionisasi sempurna, dan jumlah ion dalam larutan sangat banyak 
H2SO4 ⇒ 2H+   dan  dari larutan tersebut kita ketahui bahwa larutan H2SO4 memiliki 2 ion H dan Derajat ionisasi larutan tersebut mendekati 1 (α = 1).
Hal ini ditandai dengan banyaknya gelembung - gelembung yang ditimbulkan saat diuji coba pada percobaan di elekroda.

larutan  CH3COOH (asam asetat) merupakan larutan elektrolit lemah, dalam larutan terionisasi sebagian, jumlah ion dalam larutan sedikit CH3COOH ⇒ CH3COO -  dan H+ dari larutan tersebut kita ketahui bahwa larutan CH3COOH memiliki 1 ion H dan Derajat ionisasi larutan tersebut kurang dari 1 (0 < α < 1).Hal ini ditandai dengan sedikitnya gelembung - gelembung yang ditimbulkan saat diuji coba pada percobaan pada elekroda.

Semoga membantu :) R