Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-27T14:54:41+07:00
Karena belanda mau mengadu domba kan antara kaum islam maksiat denngan kaum islam tidak maksiat,,, kalo gk salah..
terima kasih untuk memilih yang terbaik..
sama sama :) :)
2014-03-27T15:01:19+07:00
Campur tangan belanda dalam perselisihan antara kaum adat dan kaum paderi.perselisihan itu sendiri berawal ketika kaum paderi yang dipelopori  haji sumanih,haji piabang,dan haji miskin, yang baru saja pulang dari mekkah,berkeinginan memberantas kebiasaan berjudi,minum-minuman keras,dan menyabung ayam yang dilakukan orang2 minangkabau. tetapi keinginan kaum paderi yang telah diilhami paham Wahabi mencita2kan kehidupan yang murni dan bersih dari penyimpangan ajaran al-quraan itu,ditentang oleh kaum adat,belanda mebantu kaum adat agar terjadi perpecahan oleh rakyat minangkabau,sehingga belanda mampu menguasai daerah minangkabau,tanpa ada persatuan dan kesatuan rakyat minangkabau lebih mudah belanda menguasainya.
1 5 1