Jawabanmu

2014-03-27T13:10:34+07:00
Lembaga keluarga
= unit sosial dlm masyarakat yg terdiri atas ayah,ibu dan anaknya
lembaga agama 
= lembaga yang mengatur kehidupan manusia dalam kaitannya bdng kehidupan keagamaan
lembaga ekonomi
= lembaga yang mempunyai keg. bidang ekonomi demi terpenuhnya kebutuhan masyarakat
lemb. pendidikan
= usaha sadar dan terencana utk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik scr aktif mengembangkan potensi diri.
lemb. budaya
= lembaga publik dlm suatu  negara yang berperan dlm pengembangan budaya,ilmu pengetahuan ,lingkungan,seni dan pendidikan masyarakat.
lemb politik
= proses pembentukan daan pembagian kekuasaan dlm masyarakat

2014-03-27T13:10:57+07:00
1.Pengertian luas dari keluarga adalah kekerabatan yang dibentuk atas dasar perkawinan dan hubungan darah. Kekerabatan yang berasal dari satu keturunan atau hubungan darah merupakan penelusuran leluhur seseorang, baik melalui garis ayah maupun ibu ataupun keduanya. Hubungan kekerabatan seperti ini dikenal sebagai keluarga luas (extended family) yaitu ikatan keluarga dalam satu keturunan

2.
Manusia menjalani kehidupan bersama dengan manusia lain. Manusia memerlukan adanya kerukunan sehingga diperlukan suatu pedoman yang dapat mengaturnya. Pedoman tersebut dapat berupa aturan tertulis ataupun pedoman yang berdasarkan agama-agama yang dianut setiap warga masyarakat. Setiap agama mengatur hubungan antar manusia yang juga mengatur hubungan manusia dengan Tuhan sehingga agama merupakan pedoman hidup yang kekal.

3.
Cabang ekonomi adalah lembaga-lembaga yang berkisar pada lapangan produksi, distribusi, konsumsi (pemakaian) barang-barang dan jasa yang diperlukan bagi kelangsungan hidup bermasyarakat. Setiap masyarakat akan menyusun pola pemenuhan kebutuhan ekonominya yang disebut konsumsi atau pengeluaran pendapatannya berupa makanan, pakaian, perumahan yang harus tersedia agar mereka dapat bertahan hidup. Setiap pemenuhan kebutuhan tidak selamanya dapat dihasilkan oleh masyarakat itu sendiri, adakalanya memerlukan kelompok masyarakat lain. Oleh karena itu, timbullah proses tukar-menukar barang-barang kebutuhan yang prosesnya dimulai dari sistem barter, kemudian penggunaan uang sebagai alat tukar yang sah sesuai dengan harga yang disepakati bersama.

4.
 Lembaga Pendidikan adalah lembaga atau tempat berlangsungnya proses pendidikan yang dilakukan  dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku individu ke arah yang lebih baik melalui interaksi dengan lingkungan sekitar.

5.
Lembaga politik adalah suatu pola tingkah laku manusia yang sudah mapan, yang terdiri atas interaksi sosial dan tersusun di dalam suatu kerangka nilai yang sesuai.

6.
lembaga budaya adalah lembaga umum atau publik di suatu negera yang mempunyai peran untuk mengembangkan budaya, lingkungan, seni, ilmu pengetahuan dan pendidikan di masyarakat.