Jawabanmu

2014-03-27T13:02:45+07:00
“Bagaimana Islam dapat mempercepat proses integrasi bangsa Indonesia?”

       Proses integrasi itu dimulai dengan pertemuan. Pertemuan seperti apa? Mari kembali ke Jaringan perdagangan yang dilakukan oleh para pedagang zaman dahulu.
      Perdagangan terjadi karena adanya kebutuhan. Kebutuhan manusia yang semakin komples dan kelebihan produksi dari pihak satulah yang memicu hubungan  perdagangan. Setelah para pedagang memulai pelayaran, beberapa dari mereka berlabuh di Nisantara. Mereka yang baru berlabuh di pantai-pantai itu kemudian melihat-lihat sekitar. Setelah merasa aman dan nyaman, mereka memutuskan untuk menetap dan mulai berinteraksi dengan penduduk pribumi.Kemudian mereka membentuk sebuah komunitas yang berkembang menjadi pemerintahan kecil yang selanjutnya ber-evolusi menjadi kerajaan-kerajaan kecil. Lambat laun, pelabuhan tersebut menjadi ramai dan kerajaan kecil tadi berkembang menjadi kerajaan besar.Pelabuhan yang ramai tersebut kemudian di datangi para pedagang yang beragama islam. Mereka berdagang sembari menyebarkan agama islam.Integrasi semakin cepat pada saat islam masuk salah satu faktornya karena ajaran islam yakni Sesama islam adalah saudara. Kemudian mereka membentuk suatu kerajaan yang kemudian berkembang. Mereka selanjutnya mendirikan masjid-masjid yang kemudian dijadikan pusat pendidikan (dengan mendirikan pondok pesantren). Selanjutnya ponpes tersebut menjadi terkenal dan mempunyai murid dari berbagai daerah di Nusantara yang setelah selesai belajar akan kembali ke daerah masing-masing dan menyebarkan agamanya. 
21 3 21
2014-03-27T13:23:26+07:00
Karena strategi para wali songo dalam menyebarkan agama islam di indonesia sangat baik, yaitu dakwah dengan menggunakan cara sesuai seperti adat setempat contohnya wayang. selain itu :
1. syarat masuk agama islam sangat mudah
2. dalam islam tidak mengenal sistem kasta
3. disebarkan secara damai
4. aturan2 dalam islam fleksibel dan tidak memaksa
5. dll.
18 3 18
Melakukan Pembentukan Akidah dan akhalq yang baik
sepertinya halnya Rosulullah Saw yang mendakwakan Islam secara Objektif dan Subjektif,
Memberi arahan dan bimbingan yang baik, sehingga mengahsilkan
para Regenaris yang memiliki Intelektual tinggi.