Jawabanmu

2014-03-27T12:00:52+07:00
Dengan meningkatkan kualitas SDM yang berpendidikan tinggi 

semoga membantu :) 
2014-03-27T12:39:52+07:00
Sumberdaya manusia merupakan aset paling strategis bagi suatu bangsa dan negara. Ia bukan saja sebagai comparative advantages melainkan juga telah menjadi competitive advantages. Hal ini disebabkan kemajuan suatu bangsa dan negara bukan hanya bertumpu pada ketersediaan sumberdaya alam (natural resources) semata, namun sangatlah ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusianya. Kemajuan negara-negara barat atau Eropa, Amerika Serikat dan Jepang, demikian juga di negara-negara yang disebut macam asia atau new industrial state, seperti Singapura, Korea, Taiwan, Hongkong, Cina, dan Malaysia sangat ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusia yang mereka miliki.
Kualitas sumberdaya manusia antara lain ditentukan oleh mutu dan tingkat pendidikan. Kualitas pendidikan yang rendah menyebabkan kualitas sumberdaya manusia rendah; makin tinggi tingkat pendidikan maka makin tinggi pula kualitas sumberdaya manusia. Sebab hal ini berpengaruh terhadap cara pikir, nalar, wawasan, keluasan dan kedalaman pengetahuan. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi diharapkan akan lebih mudah memperoleh kesempatan guna mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan penghasilan yang relatif lebih tinggi.
UNDP mengeluarkan Human development Report (HDR) berupa laporan tahunan tentang pembangunan manusia di seluruh dunia. HDR mengurutkan negara di dunia berdasarkan peringkat dari Human Development Index (HDI). Dalam HDR tahun 1996 tampak bahwa dari 173 peringkat HDI, Indonesia menduduki urutan ke 102 dengan indeks 0,61 (penduduk yang kualitasnya rendah nilai HDI-nya mendekati 0, sedangkan yang baik mendekati 1). Sementara itu negara-negara ASEAN lainnya, kecuali Filipina, sudah masuk peringkat antara 34 dan 53: Malaysia menduduki urutan ke 53 dan Singapura menempati urutan ke 34. Kemudian Korea Selatan pada peringkat 29, Cina peringkat 108, Sri Langka dalam urutan 97. Sementara berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan oleh UNDP tahun 2000 berdasarkan penelitian HDI, dari 173 negara di dunia, peringkat mutu pendidikan Indonesia berada pada urutan 109 posisi, Sebuah posisi yang menurun bila dibandingkan dengan urutan ke 105 pada tahun 1999. Posisi itu jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura (urutan ke-24), Jepang (urutan ke-8), Malaysia (urutan ke-61), Thailand (urutan ke-76), dan Philipina yang menempati posisi ke 77. Cina urutan ke-99, Srilangka urutan ke-84, bahkan Vietnam yang relatif baru justru berkembang justeru lebih baik dari Indonesia, yaitu menempati posisi ke-108.