Jawabanmu

2014-03-27T11:05:41+07:00
Karena para pemimpin voc yang berkorupsi, saling lempar tanggung jawab, dan banyaknya pelanggaran peraturan yg dilakukan oleh pemimpin-pemimpin dan anggota pengurus voc, sehingga menyebabkan kehancuran bagi voc.
9 3 9
2014-03-27T11:08:26+07:00
Setelah lebih kurang 200 tahun berkuasa, akhirnya VOC (kompeni) mengalami kemunduran dan kebangkrutan. Hal ini disebabkan banyak biaya perang yang dikeluarkan untuk mengatasi perlawanan penduduk.

Sebab-sebab VOC dibubarkan adalah:
____VOC mengalami krisis keuangan disebabkan:
_Pegawai VOC yang korupsi
_Perang yang terus menerus
_Pembiayaan rutin yang sangat tinggi
_Pemberian banyak hadiah dan upeti yang membantu VOC
_Wilayah Indonesia terlalu luas untuk dikuasai oleh pegawai VOC yang jumlahnya sedikit
_Menghadapi persaingan berat dalam perdagangan antara lain dari Inggris
_Perdagangan gelap yang terus dilakukan oleh para pedagang Indonesia
_Rempah-rempah Maluku mendapat saingan di pasaran Internasional, sehingga monopoli rempah-rempah tidak menguntungkan

Untuk mengatasi krisis keuangan, VOC mencoba memberlakukan berbagai peraturan, tetapi semua upaya yang ditempuh oleh VOC ternyaa tidak bisa menolong keuangannya. Akhimya pada tanggal 31 Desember 1799 VOC secara resmi dibubarkan. Mulai tanggal 1 Januari 1800, kuasa VOC atas Indonesia langsung diambil oleh pemerintah Belanda.
6 4 6
VOC memaksakan kehendaknya, sehingga menimbulkan permusuhan dengan kerajaan-kerajaan di Nusantara. Untuk menghadapi perlawanan bangsa Indonesia VOC meningkatkan kekuatan militernya serta membangun benteng-benteng seperti di Ambon, Makasar, Jayakarta dan lain-lain..

akhirnya VOC dibubarkan pada 31 Desember 1799 dengan hutang 136,7 juta gulden dan kekayaan yang ditinggalkan berupa kantor dagang, gudang, benteng, kapal serta daerah kekuasaan di Indonesia