karena gigitan nyamuk aides aighepty
oleh nyamuk tse-tse
bukan... karena gigitan nyamuk anopheles yg membawa organisme lain.
parasit yang merupakan anggota genus plasmodium
nyamuk yang sudah terinfeksi parasit plasmodium dari gigitan yang di lakukan kepada seseorang yang sudah terinfeksi parasit trsbt, n mengigit orang lain sekaligus menyuntikan parasit sehingga menimbulkan penyakit malaria

Jawabanmu

2014-03-27T10:22:22+07:00
2014-03-27T10:24:41+07:00
Penyebab Penyakit Malaria
Penyakit malaria disebabkan oleh parasit yang merupakan golongan plasmodium. Media utama yang menjadi penyebar penyakit ini yaitu nyamuk Anopheles betina. Nyamuk ini terinfeksi oleh parasit plasmodium dari gigitan yang dilakukan terhadap seseorang yang sudah terinfeksi parasit tersebut. Nyamuk tersebut akan terinfeksi selama satu mingguan hingga waktu makan selajutnya. Pada saat makan, maka nyamuk ini menggigit orang lain sekaligus menyuntikkan parasit plasmodium ke dalam darah orang tersebut sehingga orang tersebut akan terinsfeksi malaria.

Ada 4 jenis plasmodium yang dapat menginfeksi manusia, diantaranya yaitu:
1.    Plasmodium ovale
2.    Plasmodium malariae
3.    Plasmodium falciparum
4.    Plasmodium vivax

Dari kasus-kasus tentang penyakit malaria di seluruh dunia, disimpulkan bahwa jenis plasmodium vivax yang paling sering ditemukan pada pasien yang terserang penyakit ini. Selain itu plasmodium falciparum merupakan penyumbang kematian paling besar pada penyakit malaria yang menyerang manusia di dunia yaitu sekitar 90%.