1) seorang siswa mencoba mendinginkan 1 liter air panas (90 derajat celcius) dengan cara dicampur air es (0 Derajat Celcius.apabila air es yang digunakan sebanyak 4 liter,berapakah suhu akhir campuran kedua air tersebut?

2) seseorang memasukan es (0 derajat celcius) kedalam 1 kg air bersuhu 20 derajat celcius,berapa massa es yang diperlukan agar suhu air turun menjadi 0 derajat celcius (kalor lebur es 336 kJ?kg)?

2

Jawabanmu

2014-03-27T01:44:34+07:00
Jawaban nomor 1
Qlepas = Qterima
M.c.(T2-x) = m.c (X-T1) (coret C –> kalor jenis)
M (T2-x) = m (x-T1)
MT2 – Mx = mx – mT1
MT2 + mT1 = Mx + mx
MT2 + MT1 = (M+m) x
x = (MT2+mT1) / (M+m)

x = (M.T2 + m1T1)/ (M+m)
x = (1.90°+4.0°)/ (1+4)
x = 90°/5
x = 18°

Jawaban nomor 2
   Q = m.c.Δt
336 = m.2100.(20-0)
336 = m. 2100.20
336 = m. 4200
m = 336/4200
m = 0,08 kg
m = 800 gram


Maaf,, jawaban anda kurang tepat,, 336 bukan Kalor (Q) nya tetapi Kalor Laten es...
oh ia mas :)
Jawaban paling cerdas!
2014-03-27T01:55:12+07:00
1.
Qlepas = Qserap
m c ΔT = m c ΔT
1  x 1 x (90-T) =4 x 1 x (T-0)
90 - T = 4T
5T = 90
T = 18 C

2.
Qlepas = Qserap
m c ΔT = m c ΔT + m L
1 x 4200 x (20-0) = mes x 0,5 x (0-0) + mes x 336000
8400 = 336000mes
mes = 0,025 kg = 25 gram
hmm..... maaf kesalahanya dimana yaa??sebelumnya thanks.
Kesalahannya di nomor 1 aja de..
mungkin keslahan dirumusnya mbak
it's ok mas madhras :)
Aku yg nempatin nilai-nilainya salah tempat... Siiip sama2.