Teman-teman, siapapun boleh ikut
kita disini sebagai anak2 Indonesia, aku punya sebuah pertanyaan, pertanyaan yg sebetulnya sangat sederhana, sangat simpel, tetapi coba untuk dijawab dan diresapi, dan bukan bermaksud untuk merasa lebih baik dari kalian semua, atau merasa sok paling baik, bukan seperti itu semua, tetapi hanya sebagai renungan dan pemikiran sejenak untuk kita generasi muda Indonesia, ya pertanyaan seperti ini " bagaimana menurut kalian pendidikan di negara kita saat ini? pendidikan kita, mungkin kalian merasa seperti apa? tentang sistemnya mungkin? atau sebuah saran atau kritikan untuk pendidikan kita sekarang. Silahkan dijawab..:)

dan hehe maaf juga kalau aku masukkan ke kategori PPKn, ya itung2 konstribusi buat negara lah;)

2

Jawabanmu

2014-03-26T22:54:10+07:00
 pendidikan di negara kita telah melewati berbagai fase (mulai dari masa pra kemerdekaan dan pasca kemerdekaan, berbagai sistem pemerintahan (orde lama, orde baru, reformasi, dan demokrasi), dan lebih jelasnya telah melewati dua zaman berbeda, yaitu zaman dahulu dan zaman sekarang atau lebih dikenal dengan sebutan zaman modern. Geliat pendidikan formal di negara kita telah dimulai ketika Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hadjar Dewantara mendirikan perguruan taman siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para rakyat jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi, bangsawan, maupun orang-orang belanda. Berbagai rintanganpun tak luput dari rekam perjalanan pendidikan di negara kita saat itu. Namun di tengah-tengah berbagai rintangan tersebut, sejarah membuktikan bahwa Indonesia berhasil melahirkan putra-putri cerdas yang mengharumkan nama bangsa dengan prestasi mereka. Semboyan Tut Wuri Handayani menjadi filosofi dasar dalam sistem pendidikan mereka pada zaman itu. Mereka memahami betul apa arti di balik semboyan tut wuri handayani. Hal itulah yang mendorong semangat mereka untuk terus belajar, berfikir kreatif, dan berbuat sesuatu demi mendorong kemajuan bangsa ini.Kalau kita bandingkan dengan zaman sekarang atau lebih dikenal dengan zaman modern, negara kita tetap melanjutkan tradisinya dengan melahirkan putra-putri yang mengukir prestasi-prestasi membanggakan dan mengangkat nama Indonesia di mata dunia. Hal ini tentulah menjadi kebanggaan tersendiri bagi rakyat indonesia. Kalau kita lihat secara sekilas, tidak ada yang salah dengan sistem pendidikan di indonesia saat ini. Banyak putra-putri indonesia yang memenangkan olimpiade tingkat internasional, kontes robot tingkat international, dan lomba penelitian internasional. Hal ini mengindikasikan bahwa sistem pendidikan di indonesia berjalan dengan sangat baik. Akan tetapi, kalau kita mau menyoroti sedikit saja lebih dalam bagaimana sistem pendidikan di Indonesia pada saat ini, kita akan menemukan fakta yang jauh berbeda dengan perkiraan kita diatas tadi.
2014-03-27T01:34:05+07:00
Kalo menurut aku pendidikan kita gitu-gitu aja,, ga ada yg berubah,, Kurikulumnya berubah,, tapi tetap gitu-gitu aja,, dari dulu sampai sekarang.... Walalupun anggaran pendidikan kita 20% dari APBN,, namun tidak dapat mengubah wajah anak-anak yg putus sekolah karena ekonominya,, penyamarataan pendidikan pun masih belum merata,, masih berfokus di Indonesia Barat dan wilayah perkotaan,, Lembaga Pendidikan kita belum berhasil menghasilkan insan yg cerdas dan cermat. 60% permasalahannya ada pada diri kita sendiri dan 40% nya ada pada pemerintah.
maksud mas 60 persen dari kita seperti apa?
Maksudnya mau maju atau ga pendidikan di Indonesia,, tergantung kita aja,, pengen maju ga...