1.ketika air dialirkan pada daun talas, ternyata air tersebut tdk memmbahasi daun talas. hal itu menunjukan bahwa??

2
karena daun tsb memiliki selaput yg bersifat seperti lilin sehingga tidak dapat menyerap air
a.kohesi lebih besar daripada adhesi

Jawabanmu

2014-03-26T21:06:31+07:00
Karena adanya lapisan lilin yg melindungi daun talas sehingga air tdk bisa membasahi daun tsb dan air terlihat menggumpal diatas daun talas tsb
3 4 3
karena pada air terjadi terik menarik antar pertikel air. dan pada daun talas, terjadi tarik menarik antar partikel daun talas. akibat adanya tarik menarik antar partikel yang sejenis itu, maka terjadilah kohesi.
Jawaban paling cerdas!
2014-03-26T21:09:01+07:00
Antara molekul-molekul air terjadi gaya tarik-menarik yang disebut dengan gaya kohesi molekul air. Gaya kohesi diartikan sebagai gaya tarikmenarik antara partikel-partikel zat yang sejenis Pada saat air bersentuhan dengan benda lain maka molekulmolekul bagian luarnya akan tarik-menarik dengan molekul-molekul luar benda lain tersebut. Gaya tarik-menarik antara partikel zat yang tidak sejenis disebut gaya adhesi. Gaya adhesi antara molekul air dengan molekul kaca berbeda dibandingkan gaya adhesi antara molekul air dengan molekul daun talas.  Demikian pula gaya kohesi antarmolekul air lebih kecildaripada gaya adhesi antara molekul air dengan molekul kaca. Itulah sebabnya air membasahi kaca dan berbentuk melebar. Namun air tidak membasahi daun talas dan tetes air berbentuk bulat-bulat menggelinding di permukaan karena gaya kohesi antarmolekul air lebih besar daripada gaya adhesi antara molekul air dan molekul daun talas. Gaya kohesi maupun gaya adhesi mempengaruhi bentuk permukaan zat cair dalam wadahnya.
2 5 2