Sebuah tali digetarkan selama 10 sekon dan membentuk dua bukit dan satu
lembah sepanjang 60cm. jika tinggi sebuah bukit gelombang 3cm, tentukan
panjang gelombang dan cepat rambat gelombang

2
60 cm itu panjang dua bukit dam satu lembah atau hanya panjang satu lembah?
oh... itu panjang satu lembah sepanjang 60 Cm

Jawabanmu

2014-03-26T19:27:28+07:00
Diketahui :
L = 60 cm
t = 10 sekon
n=1,5 (karena terdiri dari 2 bukit 1 lembah)

Ditanyakan :
Panjang gelombang dan cepat rambat ?

Jawab :
λ = L = 60 = 40 cm = 0.4 m
v = λ.f = 0,4 . 0,15 Hz
v =0,06 m/s
Jadi panjang gelombangnya  0,4 m
Cepat rambat gelombangnya 0,06 m/s
 
Jawaban paling cerdas!
2014-03-26T19:35:30+07:00
Dik : panjang satu lembah = 60 cm 
        T (periode) = 10 sekon
        amplitudo = 3 cm
Dit : panjang gelombang dan cepat rambat gelombang?
Peny:
panjang satu gelombang = panjang satu lembah × 2
                                     = 60 cm × 2
                                     = 120 cm
karena, satu gelombang terdiri dari satu lembah dan satu bukit
cepat rambat gelombang ( v ) = lambda / T
                                           = 120 / 10
                                           = 12 m/s

sekian dan terima kasih...=)
kalau ada yang kurang, mohon diberitahu.....
2 5 2