Jawabanmu

2014-03-26T19:21:34+07:00
Permission File di Unix/Linux Hari ini saya akan sharing ilmu tentang hak akses pada UNIX/Linux. Ini saya buat sebagai pengetahuan dasar kepada user baru di UNIX/Linux. Di dalam UNIX/Linux, hak akses file ini lebih sederhana dibanding Windows, karena disini mengenal dengan namanya tiga jenis hak akses file, yaitu :
Read (r) = Akun yg memiliki akses read ini bisa melihat isi suatu file. misalnya dengan perintah catWrite (w) = Akun ini memilik akses write, dengan kata lain bisa menulis ulang kembali suatu file ataupun menghapus file itu sendiri. Jadi jangan heran kalau file yang kita buat dengan membuat write kepada tiap group maupun other yg diberikan akses write akan terhapus. Maka berhati-hatilah memberikan hak akses ini.x(Execute) = Akun ini memiliki akses untuk execute suatu file (File yang dimaksudkan disini adalah program atau script)Ok saya sudah mengenalkan tiga jenis hak akses itu seperti apa. Waktunya saya kasih contoh, kebetulan saya punya file dan ingin memperlihatkan hak aksesnya,
(Please Enter Untuk Masuk menu Shell exploit)
Perhatikan parameter yang saya buat yaitu yang pertama "a-x" dan yang kedua "g+x", yang pertama saya buat agar tidak bisa eksekusi program dan alhasil ada laporan denied dengan parameter tanda (-) untuk menghilangkan akses dan "a" untuk all akses. Lalu yang kedua saya menambahkan hak akses untuk others dengan parameter tanda (+) sehingga user udin bisa menjalankan script tersebut.
adapun menggunakan angka untuk mengatur hak akses dari suatu file, misalnya nih anda menginginkan akses read, write, dan execute(rwx) ke user owner, akses read dan write (rw) untuk group, lalu read (r--) untuk ke akun lain. Sebelum melangkah kesana saya akan memberikan pengertian tentang biner, ada yang tahu tentang bilang biner ?Sistem bilangan biner adalah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Dari sistem biner ini bisa dikonversikan ke bilangan Oktal atau hexadesimal. Dalam penggunaan angka ini, masing-masing komponen rwx menggunakan angka biner: bit 1 untuk menandakan aktif/on dan bit 0 menandakan tidak aktif/off.
Kebetulan pada rwx ini menggunakan bilangan oktal maka harus dikonversikan dari biner ke oktal. rwx itu ada 3 bit jadi harus konversikan 3 bit itu ke oktal. Ambil tiga digit terbelakang dahulu. seperti ini 010(2) = 2(8).
Pasti ada pertanyaan kenapa bisa hasil 2 ? karena biner itu berbasis 2. ini contohnya:
010=(0 x 22) + (1 x 21) + (0 x 2) => 2

ok langsung kebagian representasi hak akses dalam biner
rwx     Biner    Oktal
---  => 000 => 0
--x  => 001 => 1
-w-  => 010 => 2
-wx  => 011 => 3
r--  => 100 => 4
r-x  => 101 => 5
rw-  =>  110 => 6
rwx  => 111 => 7
follow me : @cila_aries