Mohon bantuanya ya ......
suatu benda terapung diatas permukaan air yang berlapiskan minyak ,60% volume benda berada di dalam air ,30% didalam minyak dan sisanya berada diatas permukaan minyak. jika massa jenis minyak = 0,8 g/cm³ massa jenis benda tersebut adalah ..........g/cm³

tolong pakai caranya ya biar mudeng......

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-26T19:36:13+07:00
Pada keadaan terapung, terjadi kesetimbangan antara gaya berat benda (w) dengan gaya ke atas Archimedes (Fa) 
.........w = Fa...................................Fa = gaya ke atas oleh air dan oleh minyak 
....mb g = ρa g Vta + ρm g Vtm........b = benda, a = air, m = minyak, t = tercelup 
ρb Vb g = ρa g Vta + ρm g Vtm........ρ = m/V --> m = ρV 
...ρb Vb = ρa Vta.. + ρm Vtm 
...ρb Vb = 1 (0,5 Vb) + (0,8)(0,3 Vb) 
...ρb Vb = 0,5 Vb + 0,24 Vb 
...ρb Vb = 0,74 Vb 
........ρb = 0,74 gr/cm^3 

Massa jenis benda 0,74 gr/cm^3 
2014-03-26T19:45:14+07:00
Massa jenis benda nya 0,74 g/cm3
1 1 1