Jawabanmu

2014-01-15T18:58:10+07:00
Air keras  atau air sadah kalau tidak salah
2014-01-15T18:58:39+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Mungkin ini kan kak
sebenernya dulu pada awal sejarahnya, air sadah adalah sebutan untuk air yang dapat menyebabkan pembentukan kerak pada ketel uap. Air sadah juga dikenal cukup merepotkan karena saat mencuci pakaian, pakaian menjadi kurang bersih, karena busa yang tadinya untuk mengikat kotoran menjadi berkurang. ion2 dalam air sadah tersebut juga mengendapkan molekul2 sabun/deterjen, sehingga tidak bisa mengambil kotoran dari pakaian kita
setelah ditelusuri lebih lanjut, kerak2 dalam ketel uap itu sebagian besar mengandung senyawa dari ion kalsium dan ion magnesium .
Dari sinilah kemudian pengertian air sadah selanjutnya menjadi digeser jadi lebih umum yaitu Air sadah adalah air yang mengandung ion Ca2+ dan atau Mg2+.

nah air sadah ini ada 2 jenis: yaitu air sadah sementara dan air sadah tetap. pengertiannya dibawah ini, kk ambilin dari wikipedia.
1. Air sadah sementara
Air sadah sementara adalah air sadah yang mengandung ion bikarbonat (HCO3-), atau boleh jadi air tersebut mengandung senyawa kalsium bikarbonat (Ca(HCO3)2) dan atau magnesium bikarbonat (Mg(HCO3)2). Air yang mengandung ion atau senyawa-senyawa tersebut disebut air sadah sementara karena kesadahannya dapat dihilangkan dengan pemanasan air, sehingga air tersebut terbebas dari ion Ca2+ dan atau Mg2+. Dengan jalan pemanasan senyawa-senyawa tersebut akan mengendap pada dasar ketel.
Reaksi yang terjadi adalah : Ca(HCO3)2 (aq) –> CaCO3 (s) + H2O (l) + CO2 (g)

2. Air sadah tetap
Air sadah tetap adalah air sadah yang mengadung anion selain ion bikarbonat, misalnya dapat berupa ion Cl-, NO3- dan SO42-. Berarti senyawa yang terlarut boleh jadi berupa kalsium klorida (CaCl2), kalsium nitrat (Ca(NO3)2), kalsium sulfat (CaSO4), magnesium klorida (MgCl2), magnesium nitrat (Mg(NO3)2), dan magnesium sulfat (MgSO4). Air yang mengandung senyawa-senyawa tersebut disebut air sadah tetap, karena kesadahannya tidak bisa dihilangkan hanya dengan cara pemanasan. Untuk membebaskan air tersebut dari kesadahan, harus dilakukan dengan cara kimia, yaitu dengan mereaksikan air tersebut dengan zat-zat kimia tertentu. Pereaksi yang digunakan adalah larutan karbonat, yaitu Na2CO3 (aq) atau K2CO3 (aq). Penambahan larutan karbonat dimaksudkan untuk mengendapkan ion Ca2+ dan atau Mg2+.
CaCl2 (aq) + Na2CO3 (aq) –> CaCO3 (s) + 2NaCl (aq)
Mg(NO3)2 (aq) + K2CO3 (aq) –> MgCO3 (s) + 2KNO3 (aq)
Dengan terbentuknya endapan CaCO3 atau MgCO3 berarti air tersebut telah terbebas dari ion Ca2+ atau Mg2+ atau dengan kata lain air tersebut telah terbebas dari kesadahan.

wew... lebih lengkap... panjangnya.... makasih crutdg
Crutdg : makasih ya lengkap banget :D