1. pilihan ganda


1. salah satu dampak apabila mendukung negara
kesatuan republik indonesia


a.
daerah lebih dekat dengan pemerintah pusat, sehingga semua kebutuhan daerah
dapat terpenuhi



b.
negara kesatuan republik indonesia akan berdiri kukuh sepanjang masa dan bangsa
indonesia dapat menikmati kemakmuran dan kejayaannya



c. daerah akan sepenuhnya diatur oleh pusat


d. pemerintah pusat dapat mengambil keuntungan
dengan memanfaatkan potensi daerah secara maksimal
2. gambar diatas menjadi salah satu
karakteristik daerah


a.
sulawesi b. madura c. bali d. nusa tenggara barat



b.
isian
1. apa yang
dimaksud daerah tempat tinggal ?



2. jelaskan
arti penting daerah bagi negara kesatuan republik Indonesia ?


3. apa yang
menjadi mata pencaharian masyarakat disekitarmu ?


4. mengapa
kita tidak boleh merasa bahwa daerah tempat tinggal kita paling unggul
dibandingkan daerah lain?
5. mengapa
perbedaan karakteristik daerah dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa?


Telaah
Kasus


1. baca dan
telaah kasus berikut !


Sebagai seorang pelajar, matra merasa tidak
perlu memajukan daerah tempat tinggalnya karena telah ada tokoh masyarakat yang
memiliki kewajiban untuk memajukan daerah. Selain, matra juga merasa bahwa
daerah tempat tinggalnya tidak memliki peran penting dalam berdirinya NKRI.Hal
ini matra rasakan karena ia tinggal di daerah pedesaan, bukan di kota besar.



2. menurut
pendapatmu, benarkah sikap marta? Berikan alasanmu!


3. jika
menurutmu sikap marta salah,bagaimana seharusnya sikap marta terhadap daerah
tempat tinggalnya?


4. beri
kesempatan kepada teman-temanmu untuk memberikan tanggapannya!




gambar dibawah foto adalah pilihan ganda no 2.


2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-26T18:31:39+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. b.
negara kesatuan republik indonesia akan berdiri kukuh sepanjang masa dan bangsa
indonesia dapat menikmati kemakmuran dan kejayaannya

2.b.madura



mengisi
1.daerah empat tinggal adalaah daerah tempat kita tinggal dan menetap.
2arti pentingnya daaeah ebagi tempat menyatukan baanaa di stiap daeah kekuatan disatuan untuk melawan para orang jahat di negri kitss.
3.pencarianny adalah industri dan perkantoran di medan
4.karena didalam ppkn menatakan kalau tidak ada daerah lain tidak adalah negara .
5.karena berbagai cara dan usha yang bedaa akan lebih bervariasi untuk melawan negara yg lain.


telah kasus:

2.menuru pendapaat sya bukan hanya pemimpin yg menguruss daerah tersebut taapi semua masyarakat,dan meskipun desa di ssitulah paara pejuang membela daerah unuk satu tujuan adalah kemerdekaan.

3..kitaa haus memotivasi peemimpin kita da membangun desa ersebut lebih baik sehingg bisa lebih baik dari kota.

4.tanggapannnya bahwa daaerah yang ada di nusantara aaaalaah ssatu faktor pendorong kemerdekan indonessia


semoga membantu :)
3 5 3
2014-03-26T18:34:25+07:00
Pilihan ganda :
1.b
2.b

Essay :
1.Daerah tempat tinggal adalah lingkungan sekitar tempat tinggal kita yang terdapat sejumlah penduduk

2.Hal-hal penting yang bisa ambil dari sikap Marta:

__Kesibukan Marta hanya pada hal-hal yang sementara
a.Apa yang kelihatan di dunia ini hanya sementara 

b.Karena itu adalah dan tidak bijaksana jika kita habiskan segala sesuatu, waktu, tenaga, talenta dan harta hanya untuk hal-hal sementara dan bukan untuk yang kekal.

e.Kita tidak boleh merasa hebat.

3.____________
4.___________
1 5 1