Jawabanmu

2014-03-26T16:28:11+07:00
Karena perebutan kekuasaan dan merebutkan hak kepemimpinan.
1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-03-26T16:29:48+07:00
karena kertanegara ingin disembah layaknya dewa, kaum brahmana tidak terima karena kasta mereka lebih tinggi dan kaum brahmana minta tolong pada ken arok. karena kaum kaumbrahmana menentang raja maka rakyat kediri pun ikut menentang raja . lau ken arok melakukan penyarangan ke kediri dan menang

dan ada 2 faktor penyebab kemunduran kejayaan kerajaan kediri:
1) Raja Kertajaya mengurangi hak-hak kaum Brahmana. Sehingga Kaum Brahmana banyak yang lari dan minta bantuan ke Tumapel untuk melawan Kerajaan Kediri.
2) Pada tahun 1222 terjadi Perang Ganter antara Ken Arok dengan Kertajaya (Raja Kediri saat itu). Ken Arok dengan bantuan para brahmana berhasil mengalahkan Kertajaya di Ganter (Punjon, Malang). Dengan demikian berakhirlah riwayat Kerajaan Kediri.

makasih ya:)
sama sama,makasih juga...
sipp:)