Panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran 9cm dan jarak kedua pusatnya 15cm.jika panjang salah satu jari jarinya 8cm.panjang jari jari yang lain....
a.5cm
b.6cm
c.4cm
d.7cm

2
pake triple pythagoras. gs persekutuan dlm berarti jari2nya dikurangi.
9, 15, ? = 3, 5, 4 = 9, 15, 12 -----> 12-8= 4cm (c.)

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-26T14:00:44+07:00
GSPD²   = √p² - ( R + r )²
9²          = √15² - ( 8 + r )²
81          = √225 - ( 8 + r )²
( 8+ r )²  = 225 - 81
( 8 + r )² = 144
( 8 + r )  = √144
( 8 + r )  = 12
r            = 12 - 8
r            = 4 cm
1 5 1
2014-03-26T16:30:53+07:00