Jawabanmu

2014-03-25T22:52:06+07:00
politik luar negeri indonesia yang bebas dan aktif artinya negara indonesi tidak berpihak kepada salah satu negara dibuktikan dengan dibentuknya gerakan nonblok oleh indonesia yang pertama kalinya di ketuai oleh indonesia. sedangkan aktif adalah indonesia selalu ikut serta dalam kegiatan-kegiatan internasional baik politik, perdamaian, ekonomi sosial, budaya dll. contoh konkrit adalah indonesia bergabung dengan PBB, ASEAN, dll
Karena Indonesia tidak memihak blok manapun, sebagaimana mewakili politik luar negeri indonesia yaitu bebas. Indonesia juga turut ikut serta dalam memperjuangkan perdamaian dunia, sebagaimana mewakili politik luar negeri indonesia yaitu aktif.
2014-03-25T22:57:45+07:00
Politik luar negeri Bebas, dalam artian bahwa Indonesia tidak memihak pada kekuatan-kekuatan yang pada dasarnya tidak sesuai dengan kepribadian bangsa yang dicerminkan dalam falsafah Pancasila. dan Aktif, berarti bahwa dalam menjalankan kebijakan luar negrinya, Indonesia tidak bersikap pasif reaktif atas kejadian-kejadian internasional, melainkan bersikap aktif.