Jawabanmu

2014-03-25T21:15:22+07:00
PARENKIMTerletak disebelah dalam jaringan epidermis. Parenkim tersusun atas sel-sel bersegi banyak,artinya antara sel yang satu dengan sel yang lain terdapat ruang antarsel.Parenkim disebut juga jarimgan dasar karena menjadi tempat bagi jaringan-jaringan yang lain. Parenkim terdapat pada akar,batang,dan daun, mengitari jaringan lainnya, misalnya pada xilem dan floem.
KOLENKIMASel kolenkima merupakan sel hidup dan mempunyai sifat mirip parenkima. Sel-selnya ada yang mengandung kloroplas. Kolenkima umumnya terletak dibagian dekat permukaan dan dibawah epidermis pada batang, tangkai bunga, tangkai daun dan ibu tulang daun.Sel kolenkima biasanya memanjang sejajar dengan pusatnya.
SklerenkimaJaringan Sklerenkima terdiri dari sel-sel mati. Dinding sel sklerenkima sangat tebal, kuat dan mengandung lignin (komponen utama kayu). Menurut bentuknya, sklerenkima dibagi menjadi dua, yaitu:1.Serabut sklerenkima yang berbentuk seperti benang panjang.2.Sklereida (sel batu). Sklereida disebut sel batu karena dindingnya keras. Skelerida terdapat pada berkas pengangkut diantara sel-sel parenkima, korteks batang, tangkai daun, akar, buah dan biji.Fungsi Slerenkima adalah menguatkan bagian tumbuhan yang sudah dewasa dan juga melindungi bagian-bagian lunak yang lebih dan dalam seperti pada kulit biji jarak, buah kenari dan tempurung kelapa.

3 4 3
2014-03-25T21:19:05+07:00
ciri-ciri jaringan parenkim:
~bentuk sel segi enam
~memiliki banyak vakuola
~bersifat meristematik
ciri-ciri jaringan sklerenkim: ~tidak mengalami tumbuh-kembang ~bersifat sederhana ~terdiri dari sel2 mati Ciri-ciri jaringan: >Merupakan jaringan penyokong 
>Sel nya hidup dan msih aktif membelah 
>Terdapat pada tumbuhan muda 

3 3 3