aku melihatnya. aku melihat perempuan yang pernah kau ceritakan. sepulang sekolah tadi, di dekat taman, aku melihat sepasang kupu-kupu berputar saling melingkar. akan tetapi mereka tak seperti kupu-kupu dalam ceritamu. ayah, "mereka lebih cantik yang satu bewarna hitam dengan berbintik biru bercahaya seperti mutiara, yang lain bersayap putih jernih,bening,sebening sepatu kaca cinderellah, dengan serat tipis kehijauan melintang di tepi sayapnya.
aku takjub, aku mengejarnya, kupu-kupu itu masuk ke dalam taman, dan aku terussaja mengikutinya, dan ternyata kedua kupu-kupu itu menghampiri seorang perempuan yang duduk di bangku yang agak terpisah dari bangku-bangku taman lainnya. kupu-kupu itu terus berputar-putar di atas kepala perempuan itu.
aku sadar, itu perempuan yang ayah ceritakan. sebelum aku sampai membalikkan badan untuk meninggalkan tanam itu, ia berbicara padaku. aku tak menyangka tidak ayah. ia tidak bisu seperti yang kau bilang. dan katamu ia seorang menyeramkan, sehigga aku membayangkan perempuan itu sebagai nenek penyihir. ayah, perempuan itu sangat cantik. sama cantiknya dengan kedua kupu-kupu itu. dia baik juga. ia memintaku duduk di sisinya, menemaninya bermain dengan kupu-kupu itu. dia mengajariku membelai sayap kupu-kupu. kami bercerita tentang kesukaan kami masing-masing. dan ternyata selain mengenani kupu-kupu kami juga, sama-sama menyukai es krim rasa vanila dengan taburan almond, senang buah apel, dan tidur di antara banyak bantal dan boneka.
soal:
1. sebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam teks kupu-kupu ibu!
2. identifikasilah bagian cerita berupa lukisan, waktu, dan tempat kejadian!
3. tuliskan ide pokok cerita iyu yang di yakini dan di jadikan sumber cerita!

2
1. Ning, ayahnya, perempuan cantik
2. waktu: pulang sekolah (bisa siang bisa sore), tempat: taman.
3. ?

Jawabanmu

2014-03-25T20:56:38+07:00
1.Aku=Ning
kupu-kupu
ayah
seorang perempuan
No 2 dan 3 gk tau
Jawaban paling cerdas!
2014-03-25T21:00:21+07:00
1. Ayah, Ning, dan perempuan misterius 2. lukisan: -caranya mengepakkan sayap dengan pelan dan lembut.sangat anggun,seperti ibumu. waktu: senja tempat kejadian: taman 3. munculnya seorang perempuan misterius yang diyakini warga bahwa ia memiliki ilmu hitam(ini menurut saya)
1 5 1