Pertanyaan

Jawaban

Avatar pengguna ajiww95
Ajiww95 menjawab
Kehidupan Ekonomi pada Masa Penyebaran Islam di Jawa Timur
Penyebaran agama Islam di Jawa Timur, erat kaitannya dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat Jawa Timur yang menjadi bagian dari kehidupan sosial ekonomi masyarakat internasional yang terlihat dari hubungan antara proses penyebaran Agama Islam dengan sistem perdagangan yang menggunakan jalur laut, dan penyebaran agama Islam ke seluruh pelosok Nusantara dapat berlangsung dengan menggunakan wahana perdagangan internasional dengan jalur perdagangan laut.
Sebagai pembawa dan penyebar Agama Islam ke Jawa Timur adalah para pedagang Muslim yang menyebarkan agama Islam sembari melakukan perdagangan. Van Leur mengatakan bahwa motif ekonomi dan politik memegang peran sangat penting dalam proses masuk Islamnya penduduk Nusantara, sehingga para penguasa pribumi yang ingin meningkatkan kegiatan perdagangan di wilayahnya membuat mereka mau menerima Islam agar mendapatkan dukungan dari para pedagang Muslim yang menguasai sumber-sumber ekonomi.
Di wilayah Jawa Timur, bersamaan dengan melemahnya kekuatan Majapahit, seorang alim ulama dari  Pasai bergelar Maulana Malik Ibrahim bergerak menyeberang ke wilayah Jawa. Sesampainya di wilayah tersebut, Maulana Malik Ibrahim mendirikan tempat berdagang untuk masyarakat sekitar. Dengan memberikan harga murah maka berkumpulkan para masyarakat melakukan transaksi perdagangan dengannya.
Maulana Malik Ibrahim pernah bermukim di Campa, sekarang Kamboja, selama tiga belas tahun sejak tahun 1379. Ia malah menikahi putri raja, yang memberinya dua putra. Mereka adalah Raden Rahmat (dikenal dengan Sunan Ampel) dan Sayid Ali Murtadha alias Raden Santri. Merasa cukup menjalankan misi dakwah di negeri itu, tahun 1392 M Maulana Malik Ibrahim hijrah ke Pulau Jawa meninggalkan keluarganya. 
Beberapa versi menyatakan bahwa kedatangannya disertai beberapa orang. Daerah yang ditujunya pertama kali yakni desa Sembalo, daerah yang masih berada dalam wilayah kekuasaan Majapahit. Desa Sembalo sekarang, adalah daerah Leran kecamatan Manyar, 9 kilometer utara kota Gresik.  Aktivitas pertama yang dilakukannya ketika itu adalah berdagang dengan cara membuka warung. Warung itu menyediakan kebutuhan pokok dengan harga murah. Selain itu secara khusus Malik Ibrahim juga menyediakan diri untuk mengobati masyarakat secara gratis.
Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik) berdakwah di Gresik, beliau tidak hanya membimbing umat untuk mengenal dan mendalami agama Islam, tapi juga memberikan pengarahan agar kehidupan rakyat Gresik semakin meningkat. Beliau memiliki gagasan mengalirkan air dari gunung untuk mengairi sawah dan ladang.
  • Komentar
  • Laporkan penyalahgunaan!
  • Terima kasih (2)
  • tentukan nilai

Komentar

Tuliskan lebih detil mengenai jawabanmu di sini
Avatar pengguna aksawmbf
Aksawmbf menjawab
 Masuknya Islam di indonesiaAwal mula kedatangan agama islam tidak berasal dari arab langsung, tetapi di bawah oleh para pedagang dari Gujarat India sekitar abad ke 7 M dan baru pada abad 13 M berdiri kerajaan-kerajaan islam di indonesia.
b. Proses islamisasi di indonesiaa. Makam islam maulana malik ibrahim berangka tahun 1297 di gresik, jawa timurb. makam fatimah binti maimun berangka tahun 1082 di lereng gresik terdapat batu tulis yang huruf dan berbahasa arab.c. berita dari marcopolo seorang pedagang dari venetia yang sempat singgah di perlak (1292 M) utara aceh menerangkan sebagai besar penduduknya memeluk agama islam.
c. Bukti-bukti masuk dan perkembangannya islam di indonesiacara penyebaran melelui jalur pendidikan, politik, perkawinan, dan dakwah. proses islamisasi sendiri cepat berkembang dan diterimah oleh masyarakat karena:a. penyebaran agama islam sangat mudahb. jatuhnya kerajaan besar Hinduh dan budha (majapahit dan sriwijaya)c. Upacara dalam islam sangat sederhanad. syarat masuk islam sangat mudahe. agama islam tidak mengenal kastaf. penyebaran agama islam dengan cara damai
d. Akulturasi budaya islam dengan bidaya tradisionalDalam memadukan syiar islam dan budaya setempat peranan para wali songo sempat penting, di antaranya sunan kalijogo yang menggunakan sarana syiar dengan media wayang kulit, wayang golek dan cerita panji yang ternyata sangat banyak penggemarnya. Budaya istana meliputi : tata pemerintahan, bangunan istana, bangunan masjit kraton, kesenian istana. bangunan masjid meliputi, masjid tradisional, masjid makam dan masjid modern, upacara keagamaan, kesusastraan, seni ukir dan taligrafi.
B. keidupan sosial, budaya, ekonomi, dan politik pada masa perkembangan islam di indonesia.1. kerajaan samodera pasaiterletak wilayah aceh utara dan merupakan kerajaan islam pertama di indonesia pada abad ke 13. raja yang termashur adalah sultan malik al saleh. kerajaan ini pernah dikunjungi oleh ibnu battuta dari india yang menceritakan tentang keberadaan kerajaan samodera pasai dan sejarah perkembangan.2. Kerajaan Malakakerajaan ini terletak di semenanjung Malaka, pendiri kerjaan ini adalah paramisora dan kerajaan ii runtuh diserang oleh portugis yang dipimpin oleh alfonso de’albuuergue tahun 1511.3. Kerajaan Mataram IslamRaden Sutawijaya  merupakan pendiri kerajaan mataram yang kemudian bergelar panembahan Senopati. kerajaan ini mengalami masa kerajaan pada waktu raja  sultan agung berkuasa. ketika VOC Belanda datang dan melakukan devide et impera maka kerajaan ini mengalami kemunduran karena sampur tangan VOC dalam urusan kerajaan.4.  Kerajaan Batenkerajaan ini merupakan kerajaan islam yang berkembang pesat di wilayah jawa barat yang mendapatkan pengaruh dari kerajaan Demak. Pendiri kerajaan ini adalah Fatahillah, dan puncak keemasan kerajaan ini pada saat pemerintahan sultan ageng tirtayasa.5. Kerajaan Demakmerupakan kerajaan islam pertama di pulau jawa, yang didirikan oleh raden patah. perkembangan kerajaan ini tidak bisa lepas dari peranan wali songo yang sangat berperan dalam penyebaran agama islam di jawa.6. Kerajaan Makasarterdiri dari dua kerajaan yaitu Gowa dan Taillo. kerajaan makasar yang besar ini berhasil dikalahkan VOC belanda setelah melakukan politik Adu domba dan akhirnya sultan Hasanuddin menandatangani perjanjian Bongaya.7. Kerajaan AcehRaja yang memerintah pertama adalah sultan ali mughayat syah. kerajaan aceh mencapai masa kerajaan pada masa pemerintahan sultan iskandar mudah (1607-1636). seseorang ulama besar aceh yang terkenal adalah Nuruddin ar ranirri yang menulis sejarah aceh.8. Kerajaan ternate dan Tidorekedua kerajaan ini pernah diadu domba oleh portugis dan spanyol. sultan ternate yang berani melawan portugis adalah sultan hairun, ketikan sultan hairun terbunuh, maka perlawanan dilanjutkan oleh sultan ba’abullah. sedangkan raja tidore yang gigih melawan VOC Belanda adalah sultan NUKU.
  • 2 komentar
  • Laporkan penyalahgunaan!
  • Terima kasih (1)
  • tentukan nilai

Komentar

  • Avatar pengguna anindyaa thnksAnindyaa
    laporkan penyalahgunaan!
  • Avatar pengguna aksawmbf sama-samaAksawmbf
    laporkan penyalahgunaan!
Tuliskan lebih detil mengenai jawabanmu di sini